Alamat One Line Pendaptaran Cpns Kab Musi Rawas 2013 2014


Pertanyaan

Bagaimana menghitung nishab zakat penghasilan dan zakat profesi ? dan apa perbedaan dari kedua zakat tersebut?

Jawaban

Zakat penghasilan atau zakat profesi sesungguhnya dua istilah yang merujuk pada hal yang sama Yaitu, kewajiban zakat atas harta/penghasilan yang didapat dari hasil profesi tertentu, seperti dokter, konsultan, dan lain-lain.

Adapun penentuan nishab dan kadar zakat profesi/penghasilan, maka ada tiga pendekatan analogi yang disepakati oleh jumhur ulama. Pertama, diqiyaskan dengan zakat perdagangan dan emas perak.

Nishabnya adalah senilai 85 gram emas, dan ada haul 1 tahun. Sehingga, waktu mengeluarkannya adalah setahun sekali. Adapun kadarnya adalah 2,5 persen. Kedua, diqiyaskan dengan zakat pertanian.

Artinya, saat bekerja dianalogikan dengan saat menanam. Saat menerima gaji ibarat saat panen. Nishabnya senilai 524 kg beras dan tidak ada haul, sehingga mengeluarkan zakat adalah pada saat menerima penghasilan/gaji.

Kadarnya 5 persen. Ketiga, menggunakan metode qiyas syabah, yaitu menganalogikan dengan dua hal sekaligus.

Dari sisi nishab, dianalogikan dengan zakat pertanian, yaitu sebesar 524 kg beras. Sedangkan dari sisi kadar, dianalogikan dengan zakat emas perak, yaitu sebesar 2,5 persen. BAZNAS menggunakan pendekatan analogi/qiyas yang ketiga.

  • Kemungkinan Piala Dunia 2010 Akan Ciptakan Sejarah Baru

    Berita Bola Piala DuniaHari ini – Setelah Spanyol berhasil menyingkirkan Paraguay pada pertandingan tadi malam dan pertanda babak perempat final Piala Dunia 2010 telah selesai. Tiga tim Eropa dan satu wakil Amerika Selatan maju ke semifinal. Sejarah baru mungkin terjadi di turnamen ini. Jika melihat...
  • Penerimaan Calon PNS di Universitas Indonesia untuk D3, S1, S2, S3 Terbaru September 2013

    Universitas Indonesia merupakan kampus modern yang dilengkapi dengan sarana dan pra sarana lengkap mulai dari stadion sampai dengan laboratorium canggih. UI masuk dalam jajaran Universitas terbaik ke 3 di Indonesia setelah Institute of Technology Bandung dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Beberapa...