Alamat Untuk Mengecek Tunjangan Sertifikasi Guru Non Pns 2014


Awal mula memainkan rubik / magic cube, aku ragu bisa menyelesaikannya. Ternyata, penemunya, Erno Rubik pun pernah meragukan permainan yang diciptakannya ini bisa diselesaikan. Namun, mendengar berita bahwa kenalan atau orang lain bisa menyelesaikannya, bahkan tercatat juga pemegang rekor dunianya, memastikan permainan ini sungguh bisa diselesaikan.

Banyak teman senasib (belum bisa menyelesaikan rubik) yang berhasil menyusun satu warna di satu sisi. Belajar dari mereka, akhirnya mulai mengerti bagaimana membuat satu sisi rubik berwarna sama. Namun, setelah berhasil menyelesaikan rubik, ternyata langkah tersebut bukan langkah awal yang benar untuk menyelesaikan rubik. Ini disebabkan karena ketika membuat satu sisi rubik berwarna sama, sisi lain dalam lapis yang sama berbeda warna. Dengan kata lain, langkah awalnya bukan menyelesaikan satu sisi, melainkan satu lapis.

Pertama memegang rubik, aku melihatnya sebagai kubus dengan sisi berbeda warna, masing-masing sisi terdiri dari 9 kotak, sehingga jumlah seluruh kotak = 6 x 9 = 54 kotak. Sehingga, menyelesaikan rubik berarti menyusun 54 kotak tersebut ke masing-masing sisi rubik.

Penilaian tersebut tidak salah. Namun, melihat kenyataan bahwa rubik tersusun dari kubus-kubus kecil, ada penilain lain yang lebih ringkas ketika mencoba menyelesaikan rubik, yaitu bahwa rubik memiliki:

* 6 kubus pusat.
Masing-masing kubus ada di tengah setiap sisi, hanya memiliki satu warna yang menjadi acuan warna sisi dimana dia berada, dan tidak bisa digeser kemanapun. Kalaupun digeser, tidak akan merubah urutan warna sisi-sisi rubik.
* 12 kubus tepi.
Kubus ini terletak di samping kubus pusat dan memiliki dua warna.
* 8 kubus sudut.
Kubus ini terletak di masing-masing sudut rubik dan memiliki tiga warna.

Dari penilaian tersebut, yang harus dilakukan adalah menyusun 12 kubus tepi dan 8 kubus sudut dengan mengacu ke masing-masing kubus pusat.







Berikut adalah video tutorial dari cara menyelesaikan rubik cube 3×3 buat pemula Rubik:

Cara Menyelesaikan Rubik Cube 3×3 Part 1

Cara Menyelesaikan Rubik Cube 3×3 Part 2

Cara Menyelesaikan Rubik Cube 3×3 Part 3


  • Ariel Bebas, Cut Tari dan Luna Maya Masih Jadi Tersangka

    Musisi Nazriel Ilham alias Ariel Peterpan hari ini Senin (23/7)lalu, keluar dari penjara untuk menghirup udara bebas. Ariel mendapat bebas bersyarat, dari seharusnya bebas murni pada September 2013. Jika Ariel kini bebas setelah menjalani dua pertiga masa tahanannya, berbeda dengan dua artis lainnya...
  • Ucapan Ulang Tahun Kim Hyung Jun Banjiri Twitter

    Kim Hyung Jun adalah salah satu pentolan terpopuler dari SS501. Dia dilahirkan di Seoul 3 Agustus 1987. Dan karena hari ini adalah hari lahirnya, maka para penggemarnya pun berbondong-bondong mengucapkan selamat hari lahir padanya.Penyanyi ganteng pentolan grup top Korea SS501, Kim Hyung Jun, berulang...