Contoh Geguritan Sahabat


Pemberian tingkat Suku bunga deposito yang tinggi sebenarnya tidak selalu menguntungkan bagi nasabah. Pasalnya, di balik bunga deposito yang tinggi, nasabah harus menanggung risiko karena dana tersebut tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dewan Komisioner LPS C Heru Budiargo menjelaskan, pemberian suku bunga deposito yang tinggi di atas suku bunga penjaminan (LPS rate) menyebabkan pergeseran dana dari bank yang sehat ke bank yang kurang sehat.

“LPS melihat pemberian suku bunga yang lebih tinggi ini menyebabkan bergulirnya dana dari bank sehat ke bank yang kurang sehat,” ungkapnya dalam acara konferensi pers di Kantor LPS, Jakarta, Kamis (2/2/2012).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bank yang kurang sehat biasanya menawarkan suku bunga deposito yang lebih tinggi. LPS sendiri telah menetapkan LPS rate untuk mengurangi moral hazard di industri perbankan, melalui penetapan suku bunga deposito yang tinggi.

“Bunga yang tinggi ini membuat nasabah yang diuntungkan secara tidak wajar, jadi tidak layak bayar saat bank bermasalah dan dilikuidasi,” tukasnya.

Dari data LPS, tercatat dari sekira Rp1 triliun dana simpanan masyarakat di 46 bank yang dilikuidasi sejak 2006, tercatat sebanyak Rp670 miliar layak bayar, dan sebanyak Rp445 miliar masuk kategori tidak layak bayar.

“Dari yang tidak layak bayar, sebesar Rp220 miliar karena saldonya melebihi saldo maksimal yang masuk penjaminan LPS. Sisa Rp225 miliar lagi, sampai 91 persen penyebab utamanya karena nasabah memperoleh hasil bunga di atas penjaminan LPS,” pungkasnya.

Sebagai informasi saat ini LPS rate ditetapkan sebesar 6,5 persen untuk bank umum, dan 9,5 persen untuk Bank Perkreditan Rakyat. Adapun, rekening nasabah yang akan dijamin LPS adalah yang nilainya tidak melampaui Rp2 miliar dan masuk dalam suku bunga penjaminan tersebut.

  • PT Indosat Tbk S1 Fresh Graduated, Experienced Account Management Indosat October 2013

    PT Indosat Tbk Indosat is the second-largest mobile phone operator in Indonesia  with 56.5 million cellular subscribers in first semester of 2013. Indosat has strong reputation in Indonesia for more than 46 years in providing telecommunication services, including cellular, fixed data, and fixed telecommunication....
  • Lowongan Kerja Bank Mega

    Lowongan Kerja Bank Mega – PT Bank Mega Tbk adalah sebuah perusahaan perbankan keuangan yang mengalami kenaikan laba yang sangat pesat setiap tahunnya dengan yang telah memiliki brand awareness dan product awareness diatas rata-rata. Bank Mega yang di prakarsai oleh si anak singkong Chairul Tanjung...