Contoh Hewan Simbiosis Mutualisme


Jadwal pertandingan perdana hari ini Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan akan dibuka dengan laga antara tuan rumah Afsel vs Meksiko. Berbicara tradisi laga pembuka, Afsel boleh sedikit merasa nyaman.

Kubu Bafana-Bafana punya modal berharga pada laga pembuka di Grup A yang akan digelar di Soccer City, Johanesburg, Jumat 11 Juni 2010 nanti. Berdasarkan sejarah, negara-negara Afrika selalu menang jika terpilih sebagai negara pembuka di Piala Dunia. Selain itu, Afrika Selatan tak pernah kalah di partai pertama.

Sebaliknya, Meksiko tak pernah menang selama empat kali melakoni laga pembuka. Catatan itu yang membuat tim besutan Carlos Alberto Parreira juga bergantung dengan keberlanjutan ‘tradisi’ ini.
“Ketika saat itu diumumkan kami akan menjadi penyelenggara Piala Dunia, kami saat itu hanya merasa akan berkompetisi. Tapi kini kami lebih percaya sebagai tim dengan kemampuan kami. Saya rasa mindset telah berubah di mana kami ingin melaju lebih jauh dan meraih sukses,” ujar kiper kedua Afsel Moneeb Josephs.

Kubu Afsel boleh percaya dengan tradisi. Namun negara Nelson Mandela ini tetap pantas waspada. Pasalnya, Afsel juga punya catatan kurang menyenangkan saat ini.

Bafana-bafana saat ini menjadi negara kedua setelah Korea Utara di posisi terendah rangking FIFA. Teko Modise cs kini hanya nangkring di peringkat 83 dunia. Terlebih Meksiko baru saja mencatat hasil manis saat mampu menaklukkan Italia 2-1 di laga terakhir pemanasan.

“Kami siap. Kami telah menyiapkan segalanya dengan baik. Kemenangan atas juara bertahan tentu mendongkrak kepercayaan diri kami jelang Piala Dunia,” ujar penyerang Meksiko Carlos Vela.

Namun Vela juga tak membantah jika laga melawan tuan rumah selalu akan berjalan alot. Terlebih ditengah teriakan 90 ribu penonton yang akan memadati stadion.

“Sebuah kesempatan hebat meski ini tidak akan berjalan mudah karena ini pertandingan pertama. Kami akan melawan tuan rumah dan pasti akan banyak tekanan,” ujar Vela.

Berbicara head to head, Meksiko dan Afrika Selatan sama-sama mengoleksi satu kemenangan dan sekali kekelahan dalam dua pertemuan. Pada 2000, Meksiko unggul 4-2 sebelum akhrinya takluk 2-1 pada 2006.@Vivanews

Perkiraan pemain

Afrika Selatan: Itumeleng Khune, Siboniso Gaxa, Bongani Khumalo, Aaron Mokoena, Lucas Bongane Thwala, Teko ModiseTeko Modise, Renielwe Letsholonyane, Kagisho Dikgacoi, Siphiwe Tshabalala, Steven Pienaar, Katlego Mphela

Meksiko: Oscar Perez, Paul Aguilar, Francisco Rodriguez, Ricardo Osorio, Carlos Salcido, Gerardo Torrado, Rafael Marquez, Efrain Juarez, Giovani dos Santos, Javier Hernandez, Carlos Vela.

  • PT Bank CIMB Niaga Tbk D3, S1, S2 Fresh Graduated, Experienced CIMB Niaga October 2013

    PT Bank CIMB Niaga Tbk CIMB Niaga is the fifth-biggest banks in Indonesia by assets, deposits, lending, and branch distribution network. As at December 2012, the Bank reported total assets of Rp193 trillion and owned 974 branch offices, 2,257 ATM networks across Indonesia. Originally registered as...
  • Hari Anak Nasional : Ribuan Anak Sekolah Rayakan di Dufan

    Peringatan hari anak nasional pada tanggal 23 Juli, tempat rekreasi seperti Aula Rama Shinta, Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (20/7/2010) siang, riuh. Padahal, belum semua anak sekolah dasar dari seluruh DKI Jakarta berkumpul. Suara canda ribuan anak SD tersebut terdengar bagai...