Contoh Pidato Bahasa Indonesia Singkat Untuk Anak Smp Tentang Maulid Nabi



BAGI anak yang masih kecil, berpuasa sehari penuh di bulan Ramadan tentu menjadi tantangan tersendiri. Tak jarang, banyak godaan yang membuat mereka ingin segera membatalkan puasanya. Untuk mengalihkan perhatian anak dari lapar dan dahaga, ajak saja mereka melakukan sejumlah aktivitas positif berikut ini.

1. Belajar mengaji
Manfaatkan momentum Ramadhan untuk meningkatkan kemampuan si kecil dalam membaca Alquran. Misalnya dengan memasang target agar selepas Ramadhan si kecil sudah bisa mengaji dengan lebih lancar.

2. Membaca buku Islami
Ajak anak berjalan-jalan ke toko buku di sore hari sambil menunggu bedug Magrib penanda waktu berbuka puasa. Belikan sang buah hati buku bacaan atau video CD berisi kisah-kisah keteladanan Islami untuk membentuk moral dan ahlak yang baik.

Jika mau, Anda juga bisa mendongengkan sendiri kisah-kisah di dalam buku cerita tersebut, atau membagikan pengalaman Anda berpuasa ketika masih kanak-kanak kepada si kecil.

3. Silaturahmi dengan anak yatim
Tumbuhkan rasa persaudaraan dan saling menolong di dalam diri anak dengan mengajaknya bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama anak-anak lain yang kurang beruntung di panti asuhan. Dengan demikian, si kecil akan bisa lebih memaknai hidup dan bersyukur atas berkah dan rahmat yang dilimpahkan Tuhan kepadanya.

4. Memasak hidangan buka puasa
Ajak si kecil bereksperimen di dapur untuk membuat menu masakan berbuka puasa favoritnya. Biarkan ia membantu Anda melakukan hal-hal kecil yang tidak berbahaya, seperti mengambilkan bumbu-bumbu, mengaduk adonan, dan lain sebagainya.

Jika Anda terbiasa membuat sendiri kue-kue lebaran, tidak ada salahnya juga mengajak si kecil ikut serta membantu.

5. Pesantren kilat
Ikut sertakan anak dalam program pesantren kilat yang biasanya diadakan sekolah-sekolah setiap bulan Ramadhan. Dengan demikian, waktu luang si kecil akan terisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan agamanya. @MediaIndonesia

  • PT Bahana Securities S1 Fresh Graduated Management Trainee Bahana Group October 2013

    PT Bahana Securities Bahana Securities is a state securities company in Indonesia and is 100% owned by PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Bahana Securities was founded in 1993 and performing business in financial securities services, including investment banking, securities brokerage services,...
  • Heboh, Seekor Ayam Bukannya Bertelur Malah Beranak

    Seekor ayam betina di Sri Lanka beranak dan tidak seperti biasanya bertelur serta mengeram untuk kemudian telurnya menetas. Pemilik ayam yang tinggal di kawasan pegunungan Sri Lanka, Ranjith Ekanayake mengatakan bahwa dari enam ayamnya, satu ekor di antaranya tidak mengeram telur. Ekanayake kemudian...