Contoh Poster Tentang Kebersihan



Melahirkan secara normal dan alami adalah dambaan para kaum wanita. Proses melahirkan merupakan sebuah tugas panggilan yang mulia sebagai seorang ibu. Oleh karena itu, sangat penting bagi para calon ibu dan ibu hamil untuk mengetahui apa saja kiat sukses melahirkan tanpa operasi Caesar. Inilah teknik dan cara melahirkan normal tanpa rasa sakit :

1. Akupunktur
Pengobatan tradisional asal Cina ini sudah dikenal selama ribuan tahun dan kini sudah secara luas digunakan bersama dengan pengobatan konvensional di Inggris. Beberapa jarum dimasukkan ke kulit pada area tertentu untuk membuat energi alamiah Anda atau Qi mengalir bebas dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Hal tersebut dapat memulai kontraksi, menciptakan relaksasi, meningkatkan stamina dan kekuatan dan membantu mengeluarkan plasenta.

2. TENS
Mesin Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (Stimulasi Syaraf Elektrik Transkutaneous) merupakan sebuah perangkat kecil yang bersumber daya baterai yang menghantarkan aliran listrik kecil ke tubuh melalui elektroda yang ditempatkan di kulit. Hal tersebut bekerja dengan menghambat sinyal sakit dan merangsang tubuh untuk membuat endorfin untuk menahan rasa sakitnya sendiri.

Dengan mesin ini Anda tetap akan merasa sakit, namun dapat mengalihkan rasa sakit yang Anda alami saat persalinan, dan karena mesin tersebut dioperasikan secara manual, Anda dapat  mengendalikannya sepenuhnya. Namun cara seperti itu kurang efektif dalam persalinan aktif dan tidak akan menyentuh tahap pengejanan.

Harga jual atau sewa mesin ini juga mahal.

3. Pijat
Pijat biasa dilakukan saat persalinan sebagai cara mengurangi ketegangan, relaksasi bantuan dan membantu meredakan rasa sakit saat kontraksi. Sebuah penelitian menemukan, wanita yang dipijat merasa tidak terlalu tegang, melakukan persalinan dengan lebih singkat dan jarang mengalami depresi setelah melahirkan.

Mintalah pasangan Anda mengelus bahu atau punggung bagian bawah. Jika Anda berencana untuk memakai minyak atsiri, pastikan minyak tersebut aman untuk digunakan pada persalinan dan tetap ingat bahwa beberapa wanita benci disentuh ketika sedang mengalami kontraksi, jadi mungkin Anda tidak akan cocok untuk melakukan metode ini.

4. Ubahlah posisi
Anda mungkin beranggapan bahwa akan lebih nyaman berbaring saat persalinan, namun berbaring dapat berakibat pada kontraksi yang lebih menyakitkan, persalinan yang lebih lama dan mengurangi aliran darah untuk bayi Anda.

Mengubah posisi Anda secara teratur dapat membuat Anda lebih baik menghadapi rasa sakit dan merasa lebih dapat mengendalikannya, dengan menjaga posisi tetap tegak dapat membantu bayi Anda turun ke vagina lebih cepat dan membuat Anda dapat mendorong lebih baik pada tahap kedua.

Cobalah untuk mencoba gerakan seperti berlutut, merangkak, jongkok atau maju-mundur menggunakan bola persalinan.

5. Teknik pernapasan
Kebanyakan kelas persiapan sebelum melahirkan mengajarkan teknik pernapasan, oleh karena itu hal tersebut patut dicoba sebelum tiba waktu persalinan. Bernapas teratur akan membuat Anda dan bayi mendapatkan lebih banyak oksigen, meredakan rasa sakit dan membuat Anda dapat mengejan di saat yang tepat. Dalam persalinan awal cobalah untuk bernapas lewat hidung dalam tiga hitungan, kemudian hembuskan napas lewat mulut dalam empat hitungan.

Cobalah tetap bernapas stabil dan berfokus pada pernapasan Anda, bukan kontraksi. Ketika mengejan jangan tahan napas sebaliknya, tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan.

6. Teknik relaksasi
Jika Anda tegang dan stress hal tersebut memperlambat proses persalinan, jadi semakin Anda santai semakin baik proses persalinan Anda. Pikirakan tentang bagian mana dari tubuh Anda yang merasa tegang saat kontraksi bisa saja wajah, leher atau bahu Anda.

Kemudian cobalah untuk meregangkan kelompok otot satu per satu untuk menghilangkan tegangan di seluruh tubuh. Beberapa wanita menganggap teknik ini berguna cobalah untuk memfokuskan pikiran Anda pada gambaran yang positif dan mengulang-ulang sebuah kalimat tertentu berkali-kali.

7. Air
Air sering digunakan oleh wanita untuk santai dan menghadapi rasa sakit saat kontraksi. Berendam dengan air hangat dapat membantu pada tahap awal, namun pada tahap selanjutnya, bersalin di kolam dapat membuat Anda bergerak lebih mudah dan tetap berada dalam posisi tegak.

Jika Anda tidak ingin berendam sepenuh Anda dapat memilih disiram di punggung bagian bawah. Air harus selalu hangat, bukan panas dianjurkan bersuhu 37 derajat Celsius.

8. Panas
Bidan sudah biasa menggunakan kompres hangat untuk membantu merenggangkan otot dan meredakan rasa sakit di punggung bagian bawah. Cobalah sebuah kantung terigu yang dapat dipanaskan di microwave dan akan tetap hangat selama lebih dari satu jam.

Atau gunakan alternatif sebuah pakaian yang hangat atau botol berisi air panas yang dibungkus dengan handuk. Jika Anda merasa menggigil, Anda dapat meredakannya dengan selimut hangat. Kompres tersebut juga dapat diletakkan di perineum (area antara anus dan alat kelamin) Anda agar tidak robek.

9. Hipnosis
Semakin Anda santai ketika bersalin, semakin percaya diri Anda bahwa persalinan Anda berjalan lancar. Hipnosis tidak akan menghilangkan rasa sakit, namun dapat membuat Anda tidak memikirkannya dengan menciptakan pikiran di mana Anda merasa tenang dan dapat mengendalikan diri.

Anda dapat belajar relaksasi dan teknik pernapasan dalam kelas hybnobirthing khusus yang dapat membantu mempersiapakan tubuh Anda untuk persalinan. Untuk hasil terbaik temui ahli hipnosis profesional.

10. Homeopati
Prinsipnya, Anda dapat menggunakan zat yang benar-benar dikurangi kadarnya untuk memulai proses penyembuhan tubuh secara alamiah. Ada beberapa obat untuk digunakan saat persalinan yang dapat mempercepat kontraksi, membuat Anda tenang atau memberikan Anda tambahan energi.

  • Lowongan Kerja PNPM Mandiri Perdesaan Pemprov Jawa Barat Tingkat D3 dan S1 Terbaru Oktober 2013

    PNPM Mandiri Perdesaan merupakan program langsung pemerintah Indonesia yang khusus menangani permasalahan kemiskinan di tingkat Desa. Masalah klasik ini masih banyak menghantui di daerah-daerah tertentu khususnya pedesaan dengan tingkat penghasilan yang rendah karena pola pikir masyarakatnya yang masih...
  • Gol-Gol Spektakuler Inggris Ke Gawang Kroasia 5-1 ( Video) !

    Inggris mengulang pembantaian di Zagreb atas tim nasional Kroasia dengan kemenangan 5-1 di Stadion Wembley, Rabu (9/9). Kemenangan ini memastikan “The Three Lions” lolos ke putaran final Piala Dunia 2010. Ini sekaligus merupakan pembalasan “St George Cross” atas kekalahan 2-3...