Contoh Teks Anekdot Dilingkungan Sehari Hari


Pemberian tingkat Suku bunga deposito yang tinggi sebenarnya tidak selalu menguntungkan bagi nasabah. Pasalnya, di balik bunga deposito yang tinggi, nasabah harus menanggung risiko karena dana tersebut tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dewan Komisioner LPS C Heru Budiargo menjelaskan, pemberian suku bunga deposito yang tinggi di atas suku bunga penjaminan (LPS rate) menyebabkan pergeseran dana dari bank yang sehat ke bank yang kurang sehat.

“LPS melihat pemberian suku bunga yang lebih tinggi ini menyebabkan bergulirnya dana dari bank sehat ke bank yang kurang sehat,” ungkapnya dalam acara konferensi pers di Kantor LPS, Jakarta, Kamis (2/2/2012).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bank yang kurang sehat biasanya menawarkan suku bunga deposito yang lebih tinggi. LPS sendiri telah menetapkan LPS rate untuk mengurangi moral hazard di industri perbankan, melalui penetapan suku bunga deposito yang tinggi.

“Bunga yang tinggi ini membuat nasabah yang diuntungkan secara tidak wajar, jadi tidak layak bayar saat bank bermasalah dan dilikuidasi,” tukasnya.

Dari data LPS, tercatat dari sekira Rp1 triliun dana simpanan masyarakat di 46 bank yang dilikuidasi sejak 2006, tercatat sebanyak Rp670 miliar layak bayar, dan sebanyak Rp445 miliar masuk kategori tidak layak bayar.

“Dari yang tidak layak bayar, sebesar Rp220 miliar karena saldonya melebihi saldo maksimal yang masuk penjaminan LPS. Sisa Rp225 miliar lagi, sampai 91 persen penyebab utamanya karena nasabah memperoleh hasil bunga di atas penjaminan LPS,” pungkasnya.

Sebagai informasi saat ini LPS rate ditetapkan sebesar 6,5 persen untuk bank umum, dan 9,5 persen untuk Bank Perkreditan Rakyat. Adapun, rekening nasabah yang akan dijamin LPS adalah yang nilainya tidak melampaui Rp2 miliar dan masuk dalam suku bunga penjaminan tersebut.

  • Inilah Jadwal Tayang 12 Film Baru Hollywood Masuk Bioskop Indonesia

    Memasuki musim panas di Amerika Serikat, dipastikan akan semakin hot dengan kehadiran sejumlah film baru yang bergenre kisah heroik, drama hingga petualangan yang mendebarkan nyali. Anda seorang penggila film? Saatnya dari sekarang menyusun agenda dan menentukan waktu, agar tak melewatkan aksi-aksi...
  • ProRep (Chemonics Intl) is looking for Grants/SAF Manager

    ProRep is looking for a Grants/SAF Manager to be based in Jakarta. Please find the requirement below. Interested applicants are invited to send a cover letter and complete curriculum vitae stated 3 referees to etasmania@chemonics.comDeadline for Applications: October 25, 2013Only shortlisted candidates...