Contoh Teks Eksplanasi Kemacetan


Lima sumur kuno peninggalan masa Kerajaan Majapahit ditemukan seorang pembuat batu bata di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kandeg Suyanto (45), dalam tiga hari. Kandeg, Selasa (4/8) menyebutkan sumur-sumur itu pertama kali ditemukannya pada 19 Juli lalu.

“Lalu pada tanggal 25 Juli dan 31 Juli,” kata Kandeg. Ia mengatakan, sumur-sumur kuno itu ditemukannya saat mata cangkulnya tengah diayunkan untuk mendapatkan tanah sebagai bahan baku pembuat batu bata.

Selain sumur, ditemukan pula satu keping mata uang dari zaman VOC bertahun 1790. Keping uang berbahan tembaga itu saat ini sudah diserahkan pada Balai Pel estarian Peninggalan Purbakala (BP3), Trowulan, Jatim.

Sementara itu, Plt BP3 Jatim, Aris Soviyani, saat dikonfirmasi membenarkan soal temuan tersebut. Ia mengatakan, temuan itu memastikan bahwa pada zaman Majapahit lokasi tersebut merupakan daerah permukiman.

Aris menyebutkan, tindakan selanjutnya yang dilakukan BP3 Jatim ialah dengan memberi batas soal wilayah temuan permukiman kuno itu. Ia mengatakan, selama ini, wilayah Nglinguk memang sudah dipetakan sebagai salah satu wilayah permukiman zaman Majapahit yang cukup padat.(Kompas)

  • Inilah 12 Makanan Sehat Bagi Penggemar Olahraga Futsal

    AHLI gizi akan menjawab pertanyaan yang berbeda tentang kebutuhan makanan yang tepat untuk mendukung olahragawan tetap sehat. Namun inilah 12 jenis makanan yang telah direkomendasikan oleh para ahli gizi khusus untuk pecinta olahraga futsal yang disarikan dari spiritfutsal.com. Kunci bagi Anda adalah...
  • Inilah 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh !

    Menurut para ahli kesehatan dengan pendekatan holistik alami, menjaga kekebalan tubuh sebenarnya dapat dimulai dengan memelihara dan mempertahankan kesehatan sistem pencernaan. Dengan kondisi sistem pencernaan yang baik, penyerapan nutrisi dari setiap makanan yang dicerna menjadi lebih mudah. Pencernaan...