Contoh Wirausaha Kecil Kecilan


Menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa sangatlah penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Pada saat berpuasa cairan dalam tubuh menurun, sehingga pentingnya menjaga asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasi.

Gejala ringan dehidrasi seperti bibir dan lidah kering, lemah, pusing, atau kelelahan ekstrim. Selain itu, warna urin menjadi lebih gelap daripada biasanya, dan rasa mual.

Air putih merupakan cairan yang paling tepat untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Fiastuti mengungkapkan minuman manis memicu indeks glikemik dalam tubuh. Pada saat indeks glikemik meningkat, hormon insulin juga akan terpicu untuk keluar lebih banyak guna menetralisir kadar gula berlebih dalam tubuh, sehingga kadar gula darah kembali menurun.

“Inilah yang akhirnya membuat perut kembali terasa lapar, karena kadar gula darah kembali merosot tajam,” kata Fiastuti.

Fiastuti juga mengatakan bahwa selain risiko lapar, rendahnya kadar gula dalam darah saat berpuasa bisa mengakibatkan hipoglikemia, atau kurangnya kadar gula dalam tubuh.

“Ini yang bisa berakibat fatal, karena seseorang bisa tidak sadarkan diri atau pingsan, sehingga satu-satunya jalan adalah pemberian cairan gula,” ujar Fiastuti.

Fiastuti mengatakan bahwa tiga gelas air putih dan segelas susu bisa dijadikan minuman wajib saat sahur, dibandingkan dengan meminum minuman manis.

“Minum tiga gelas air putih saat sahur dapat mencegah tubuh dari risiko dehidrasi dan segelas susu akan membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa hingga berbuka,” demikian Fiastuti.

  • Semarang State Polytechnic D3, S2 Civil Servants CPNS POLINES October 2013

    Politeknik Negeri Semarang POLINES or Semarang State Polytechnic is reputable public polytechnic in Indonesia owned by the Government of Indonesia through the Ministry of Education and Culture. POLINES is based in Semarang, the capital city of Central Java. The Polytechnic was established in 1982...
  • Tahukah Anda, Khasiat Tersembunyi Dibalik Ceker Ayam ?

    ORANG Indonesia boleh dibilang kenyang makan ceker ayam atau kaki ayam. Bayangkan, sejak bayi boleh mencicipi nasi tim, kaki ayam sudah jadi hidangan favorit sehari-hari. Setelah bayi belajar jalan, makin rajin orangtua kita memasok kaki ayam pada sajian nasi timnya. Konon, kaki bayi bisa bertambah...