Daftar Peserta Plpg Unsri 2013 Tahap 3 Dan 4

Daftar Peserta Plpg Unsri 2013 Tahap 3 Dan 4 - Daftar calon peserta sertifikasi guru 2013 | nq-net, Berikut ini adalah daftar calon peserta sergu 2013. data ini merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh dinas pendidikan kab/kota per 30 agustus 2012.. Zeram cdk blog, Bagi peserta yang telah mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (plpg) dan dinyatakan lulus, tentunya sudah tidak sabar, dan bertanya-tanya, kapan sertifikatnya. Pedoman penilaian kinerja guru 2013 | bang girsang, Daftar peserta plpg dan kemenag gelombang 1 rayon 102 unimed 2013; daftar peserta plpg tahap 1 rayon 111 uny 2013; daftar peserta plpg tahap 1 rayon 109.


200x250 Solid Door

Supermoon adalah peristiwa purnama saat bulan dalam posisi jarak terdekatnya dengan bumi (perigee) sejauh 356.577 kilometer. Jarak terjauh bulan dengan bumi (apogee) terentang 364 ribu kilometer pada Desember mendatang. Peristiwa Supermoon akan berlangsung Sabtu, 19 Maret pukul 19.10 GMT atau di Indonesia pada Ahad, 20 Maret pukul 02.10 WIB.

Ups, ini bukan Superman. Ini adalah “Supermoon”. Supermoon adalah fenomena ketika Bulan tampak lebih besar dari biasanya akibat kedekatannya dengan Bumi. Supermoon akan bisa dilihat Sabtu (19/3/2011) malam. Bulan akan tampak 7 persen lebih besar dari biasanya.

Supermoon sendiri bukanlah istilah dalam astronomi, melainkan dalam astrologi. Kalangan astrolog biasanya mengidentikkan supermoon dengan kekuatan jahat atau bencana. Seorang astrolog bernama Richard Nolle, misalnya, memperkirakan bahwa supermoon kali ini akan menimbulkan bencana gunung berapi dan badai.

Kabar yang beredar di internet juga menyebut bahwa supermoon yang akan terjadi esok berkaitan dengan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang Jumat (11/3/2011) lalu. Namun, hal tersebut ditampik oleh para astronom dengan mengatakan efek supermoon sangatlah kecil.

Dalam dunia astronomi, Bulan bisa berada di titik terjauh dan terdekat dengan Bumi. Titik terjauh dikenal dengan apogee, sedangkan titik terdekat dikenal dengan perigee. Saat Bulan mencapai titik terdekat atau perigee inilah, fenomena yang dikenal dengan supermoon terjadi.

Publikasi space.com menyebutkan, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 18 tahun terakhir. Bulan “hanya” 356,577 kilometer dari Bumi. Ini 30.000 kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan biasanya yang berkisar 382.900 km.

Berdasarkan waktu Indonesia, jarak terdekat Bumi-Bulan tersebut akan terjadi pada Minggu (20/3/11) dini hari pada pukul 02.10 WIB. Puncak purnamanya sendiri bisa dinikmati pukul 01.11 atau 59 menit sebelum jarak terdekat Bumi-Bulan dicapai.

Bulan yang istimewa ini takkan bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang. Untuk membedakan “kegemukannya”, harus digunakan teleskop. Untuk menikmatinya pemandangan terbaik ini, seseorang juga mesti memlih lokasi yang lapang dan gelap hingga cahaya Bulan bisa lebih terang.

Akibat kedekatannya, maka Bulan akan sedikit memengaruhi kondisi di Bumi. Misalnya meningkatnya gelombang pasang yang terjadi akibat gaya tarik Bulan yang sedikit lebih besar. Bagi nelayan, kondisi ini perlu diwaspadai dan sebaiknya tak melaut.

Pengaruh lain adalah meningkatnya aktivitas seismik dan gunung berapi. Namun, sekali lagi efeknya sangat kecil. Jim Garvin dari Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt bahkan mengatakan, “Super dalam supermoon hanyalah karena penampakan yang lebih dekat.”

Apa pun itu, menikmati fenomena alam yang jarang terjadi tentunya mengasyikkan. Apalagi bisa mengetahui “super”-nya bulan purnama. Selamat menanti Supermoon…. @Kompas

  • Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia DAOP 5 Purwokerto Tingkat SMA, SMK dan D3 September 2013

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah sebuah perusahaan perintah yang bergerak dibidang industri Kereta Api. Perusahaan terus melakukan peremajaan mulai dari sarana dan pra sarana sampai dengan pembangunan rel baru di beberapa daerah. PT KAI memiliki beberapa divisi bisnis diantaranya PT KAI Commuter...
  • Awas Penyebar Hoax Diancam 6 Tahun Penjara !

    Bagi Anda yang suka mengirimkan kabar bohong (hoax), atau bahkan cuma sekadar iseng mendistribusikan (forward), harap berhati-hati. Ancamannya tidak main-main, bisa kena pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar. Demikian diingatkan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika...
  • 300x250 solid fibergglass