Drama 8 Orang Untuk Perkemahan


Dehidrasi akan terjadi bila kurangnya cairan pada tubuh, biasanya pada saat menjalankan puasa kurangnya dalam mengkonsumsi air saat sahur menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, pada saat berbuka minum didahulukan sebelum makanan masuk ke perut. Dan disarankan untuk minum air kelapa alias air degan. Bagaimana untuk penjelasannya, mari kita baca ulasan berikut ini :

Disampaikan oleh Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi yang juga Pengurus PDGKI Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. GK yang ditemui Liputan6.com di kantor IDI, Jakarta bahwa orang yang mengalami dehidrasi selama puasa baiknya minum air kelapa. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan cairan tubuh secara alami. Karena air putih saja tidak cukup jika dehidrasi.

Sebelumnya, Tirta menjelaskan bahwa dehidrasi terbagi menjadi tiga yaitu hipotonik, hipertonik dan isotonik. Dehidrasi saat puasa biasanya bagian dari isotonik.

“Seseorang yang mengalami dehidrasi saat puasa disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung elektrolit misalnya kurma, air kelapa (karena banyak kalium), jus jeruk atau apel,” jelas Tirta, ditulis Senin (15/7/2013).

Alternatif lainnya disebutkan Tirta ialah minum air putih dan makan buah segar.

“Selain itu, penting diingat bagi penderita gagal ginjal tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang disebutkan sebelumnya,” tambahnya.

Elektrolit sangat penting bagi tubuh karena dibutuhkan sel-sel tubuh (utamanya saraf, jantung, otot) untuk mempertahankan voltase aliran listrik antar sel membran dan membawa impuls listrik (impuls saraf dan kontraksi otot) antarsel mereka sendiri menuju sel-sel lain.

  • Inilah Tanggapan Indofood Tentang Beredarnya Indomie di Taiwan

    PT Indofood Sukses Makmur menegaskan mie instan mereka dengan merek Indomie sudah memenuhi regulasi kesehatan Taiwan. Produk kami sesuai dengan panduan global dari CODEX Alimentarius Commission, badan internasional untuk standar makanan, jelas Direktur Indofood, Taufik Wiraatmadja, dalam situs resmi...
  • Inilah Daftar Gempa Bumi Terbesar di Dunia Selama 1999-2000

    Pekan ini, gempa berkekuatan 8.8 Skala Richter mengguncang Chili. Korban sudah mencapai ratusan orang. Selama tahun ini, sejumlah gempa sudah terjadi di dunia. Berikut data gempa berkekuatan besar dengan lokasi cukup membahayakan selama dua bulan terakhir berdasarkan United State Geology Survey (USGS). -...