Foto Dila Spg Yuk Keep Smile


Para ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki mekanisme melebarnya leher ular kobra yang biasa ditunjukkan ular jenis ini untuk mempertahankan diri.

Dengan mengukur aktivitas listrik otot, para ahli menemukan kelompok otot yang dipakai oleh ular-ular kobra untuk menaikkan dan melebarkan leher.

“Tindakan defensif ini adalah salah satu teka-teki dalam biologi,” kata Kenneth Kardong, profesor Washington State University yang ikut dalam penelitian ini.

Ia menjelaskan untuk melebarkan leher ini, ular kobra mengerahkan tulang rusuk dan delapan otot leher. “Kami ingin tahu bagaimana ular kobra memanfaatkan tulang rusuk, sehingga kepala dan leher menjadi tipis dan lebar,” kata Kardong.

Untuk menjawab pertanyaan itu, para peneliti mengukur kegiatan listrik dari semua otot di bagian leher ular kobra. Pengukuran dilakukan dengan menanam beberapa elektroda mini ke otot leher ular kobra.

Bruce Young dari University of Massachusetts Lowell yang ambil bagian dalam penelitian ini mengatakan operasi cangkok elektroda ini adalah tahapan yang paling berbahaya. “Operasi ini dilakukan di bagian kepala, dan ular ini sewaktu-waktu bisa tersadar dari pembiusan,” kata Young.

Begitu operasi selesai, ular kobra tersebut dilepas dan semua kegiatan otot di bagian leher bisa dipantau.

Para ahli kemudian menemukan delapan otot yang dipakai kobra untuk menipiskan dan melebarkan leher.

Young mengatakan ular kobra bukan satu-satunya jenis ular yang menggunakan mekanisme seperti ini untuk mempertahankan diri.

  • Lowongan Kerja PT Indofood CBP Sukses Makmur Divisi Noodle untuk D3 dan S1 Agustus 2013

    PT Indofood CBP Sukses Makmur Divisi Noodle merupakan sebuah perusahaan manufacturing yang bergerak dalam usaha mie instant. Perusahaan telah memiliki beberapa kantor cabang produksi dan distribusnya di kota-kota besar Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Tangerang, Jakarta, Cibitung,...
  • Lowongan Kerja Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) di Bekasi, Jawa Barat Terbaru 2013

    Coca-Cola Amatil Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi sekaligus mendistribusikan minuman berkarbonasi dalam kemasan. Perusahaan minuman yang berada langsung dibawah The Coca-Cola Company ini telah memiliki pabrik di kota Bekasi, Medan, Padang, Lampung, Bandung , Semarang, Surabaya dan Denpasar....