Geguritan Bahasa Jawa Pendidikan


Mencuci rambut secara teratur belum menjamin rambut menjadi indah dan sehat. Namun, dengan memilih makanan yang bernutrisi untuk rambut justru bisa membuat rambut jadi sehat dan indah. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut ini 10 jenis makanan yang perlu dikonsumsi.

“Rambut Anda tumbuh 0,5 cm – 1,25 cm per bulan dan dasar untuk semua bahan baru, kulit, dan kuku tumbuh dari nutrisi yang kita makan,” kata Dawn Jackson Blatner, RD, seorang ahli gizi Chicago. “Jika Anda makan makanan bergizi, sel di seluruh tubuh akan tumbuh kuat dan sehat – dari dalam dan luar”.

Jika anda lahir dengan rambut halus dan tipis, tidak akan pernah menjadi tebal, apapun yang Anda makan, tetapi diet seimbang termasuk banyak mengkonsumsi protein dan zat besi bisa menolong. Demikian saran ahli gizi dan ahli rambut seperti yang ditulis Hillary Parker di Webmd.

Sedangkan untuk suplemen penyubur rambut yang banyak ditawarkan di pasaran sebaiknya berhati-hati. “Meskipun Anda bisa dengan mudah mendapatkan suplemen di berbagai toko, usahakan mendapatkan nutrisi dari makanan sebisa mungkin”, tutur Paradi Mirmirani,MD, ahli jerawat di Vallejo, California. “Dalam beberapa kejadian, akibat dari suplemen khusus seperti vitamin A berhubungan dengan kerontokan rambut”.

Berikut ini 10 jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperoleh rambut sehat dan indah:

1. Salmon: Kaya akan asam lemak omega 3, protein berkualitas ini jugs kaya akan vitamin B 12 dan zat besi. ‘Asam lemak omega 3 diperlukan untuk kulit kepala yang sehat’, jelas Andrea Giancoli,MPH,RD, seorang ahli diet di Los Angeles dan juru bicara American Dietetic Association. Kekurangan asam lemak ini membuat kulit kepala kering dan rambut kusam.

2. Sayuran Hijau: Bayam seperti juga brokoli kaya akan vitamin A dan C, yang diperlukan tubuh untuk memproduksi pelembap. Minyak yang ada di kulit kepala meupakan pelembap alami yang diproduksi tubuh.

3. Biji-bijian:
Bijian seperti kacang merah, kacang lentil sangat penting untuk kesehatan rambut. Tidak hanya memberikan protein yang cukup untuk pertumbuhan rambut tetapi juga zat besi, seng danbiotin. Kekurangan biotin menyebabkan rambut kusam. Sebaiknya konsumsi 3 cup lebih kacang-kacangan tiap minggu.

4. Kacang-kacangan: Jika ingin memiliki rambut tebal berkilau, Anda harus makan kacang-kacangan. Kacang Brazil merupakan sumber selenium terbaik dan mineral terpenting untuk kulit kepala. Walnut mengandung asam alpha-linolenic, asam omega 3 yang membantu kondisi kesehatan rambut. Kacang mete, pecan dan almond merupakan sumber seng. Kekurangan seng bisa membuat rambut patah-patah.

5. Unggas: Ayam dan kalkun yang banyak mengandung protein bisa memberi rambut sehat. ‘tanpa protein yang cukup atau protein yang rendah kualitasnya, bisa membuat rambut patah dan dalam jangka panjang membuat rambut rontok,’ tegas Giancoli.

6. Telur: Jika bicara tentang rambut sehat, tidak masalah apakah Anda suka telur rebus,dadar atau mata sapi. Apapun olahannya, telur merupakan sumber protein yang paling baik. Telur juga mengandung biotin, vitamin B-12 yang merupakan nutrisi kecantikan yang penting.

7. Bijian Utuh: Bijian utuh dalam sereal, roti merupakan sumber seng, besi dan vitamin B yang penting untuk rambut. Camilan dari bijian utuh bisa memasok energi sekaligus sebagai makanan selingan.

8. Tiram:
Tiram memang ternama sebagai makanan aprodisiak, tetapi tiram juga bisa membuat rambut jadi indah. Hal ini karena tiram mengandung seng, antioksidan yang dahsyat. Selain tiram, seng bisa diperoleh dari bijian utuh, kacang-kacangan juga dari daging sapi dan kambing.

9. Produk Susu Rendah Lemak: Produk susu rendah lemak seperti susu skin dan yoghurt merupakan sumber kalsiun, mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Juga mengandung whey dan kasein yang merupakan sumber protein kualitas tinggi. Makan yoghurt atau cottage cheese sebagai menu sarapan atau camilan. Untuk menambah manfaat bisa diaduk dengan walnut untuk manfaat asam lemak omega 3 dan seng.

10. Wortel: Wortel merupakan sumber vitamin A, yang bisa memberikan kulit kepala dan kesehatan mata. Kulit kepala sehat penting untuk kondisi rambut sehat, sebaiknya tambahkan wortel dalm konsumsi sayuran Anda.

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan kulit kepala sehat dan rambut indah. Secara rutin masukkan 10 jenis makanan di atas dalam menu sehari-hari. Dijamin rambut indah, sehat bakal jadi milik Anda!

  • Vacancy Announcement ” BRI Accountant ” BASICS CIDA Makassar Based

    Cowater International is an Ottawa-based Canadian management consulting firm specializing in international development. We work primarily on projects funded by donors. You can learn more about us at www.cowater.com.We are currently seeking to recruit BRI Accountant (BASICS Responsive Initiative Accountant)...
  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk D3, S1, S2 Civil Construction Department WIKA October 2013

    PT Wijaya Karya (Persero) Tbk WIKA is a major state construction group company in Indonesia which is partly owned by the Government of Indonesia (65.51%). The Company was first founded in 1960 as Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. The Company is based in Jakarta and supported by 7 business units,...