Hortatory Tentang Meletusnya Gunung Sinabung


Banyak yang berpikir untuk menghilangkan stres maka harus pergi berlibur keluar kota, namun ternyata hanya dengan melakukan 9 cara sederhana ini Anda bisa menghilangkan stres lho!

Berikut adalah 9 cara sederhana yang bisa mengurangi stres, seperti dilansir Times Of India, Sabtu (24/8/2013).

1. Tertawa
Ini adalah cara mengurangi stres yang sangat murah dan menyenangkan! Hanya dengan tertawa. Anda tidak perlu keluar kota, ke pantai atau ke gunung. Cukup hanya dengan menonton film komedi favorit Anda, Anda bisa meontonnya melalui youtube ataupun di dvd.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menemui sahabat Anda dan berbincang mengenai kenangan lucu bersama sahabat Anda. Penelitian mengatakan bahwa setiap kali Anda tertawa, alira oksigen ke organ-organ Anda akan mengalami peningkatan, aliran darah Anda juga akan meingkat dan secara otomatis akan mengurangi stres.

2. Habiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan
Hewan peliharaan dikenal tidak hanya dapat memberikan Anda cinta tanpa syarat, tapi menghabiskan waktu dengan mereka sebenarnya bagus untuk kesehatan Anda.

Studi mengatakan bahwa ketika Anda membelai anjing atau kucing Anda dalam waktu beberapa menit, tubuh Anda akan melepaskan hormon yang membuat Anda merasa baik seperti serotonin, prolaktin, dan oksitosin. Selain itu juga dapat menurunkan sejumlah hormon stres yang merusak. Hal ini bisa membuat tekanan darah rendah, kurangnya kecemasan dan kekebalan yang lebih baik.

3. Singkirkan kekacauan
Apakah Anda dikelilingi oleh banyak barang dalam satu ruangan yang tidak terlalu besar? Ketahuilah, memiliki banyak barang bisa membuat Anda kewalahan, dan pada akhirnya akan menyebabkan stres. Tinggal di tempat yang secara terus menerus berantakan bisa membuat Anda merasakan kecemasan yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, para ahli mengatakan Anda perlu menyingkirkannya untuk mengurangi stres. Tidak perlu membereskan semuanya dalam sekali kerja. Karena itu hanya akan membuat stres Anda berkelanjutan. Mulailah dengan ruangan atau hal kecil dan secara bertahap bergerak ke yang lebih besar. Tempat yang tidak kacau bisa membuat Anda merasa puas dan tenang.

4. Kerjakan pekerjaan rumah
Mungkin tampak seperti hal biasa yang Anda lakukan sehari-hari, namun Anda bisa coba melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda. Pasang lagu atau acara televisi favorit Anda untuk menemani Anda melakukan pekerjaan rumah.

Hal ini tidak hanya dapat membakar kalori, dan menyelesaikan pekerjaan Anda. Anda juga tidak akan merasakan lelah dan stres pada akhir pekerjaan Anda.

5. Minum jus
Para peneliti mengatakan bahwa vitamin c yang terdapat pada jus jeruk bisa benar-benar membangtu Anda mengelola stres lebih baik karena menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol. Ingatlah bahwa makanan yang kaya vitamin c seperti jus jeruk, jus anggur, strawberi, atau paprika merah manis bisa meningkatkan sistem kekebalan Anda.

6. Bernyanyi dengan lantang
Kapan terakhir kali Anda bernyanyi dengan suara yang besar? Nyalakan radio Anda dan mulailah bernyanyi. Tidak masalah jika pikir suara Anda tidak bagus, studi menunjukkan bahwa dengan bernyanyi sebenarnya bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan stres terasa lebih berkurang. Bernyanyi juga bermanfaat untuk pernapasan Anda, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

7. Berjalan kaki
cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan olahraga. Olahraga dapat membantu tubuh Anda memproduksi endorfin yang bisa membuat Anda merasa lebih baik. Berolahraga di cuaca yang hangat bisa meningkatkan mood Anda, sementara jalan cepat setiap hari sekitar 30 menit dapat mengurangi tingkat stres.

8. Tarik napas dalam-dalam
Cobalah dengan membeli wewangian seperti lavender atau mawar, dan cobalah hirup wanginya dalam-dalam. secara instan, hal tersebut bisa membuat Anda merasa lebih santai dan tingkat hormon kortisol akan menurun.

Jika Anda lebih cenderung tidak menggunakan wewangian, cobalah melakukan pengambilan napas dalam-dalam secara teratur. Ini akan mengirinkan oksigen melalui aliran darah, membantu untuk menenangkan diri dan mengalahkan stres.

9. Berhubungan intim
Jika Anda menggunakan stres sebagai alasan untuk menghindari berhubungan seks dengan pasangan Anda, sebaiknya pikirkan lagi. Berhubungan intin sebenarnya adalah cara yang paling bagus untuk menghilangkan stres karena bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kepercayaan diri serta meningkatkan keintiman Anda dengan pasangan.

Sumber: Detikhealth

  • Istri Mantan Presiden BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie Meninggal Dunia

    Berita Hari Ini : Hasri Ainun Habibie, istri mantan Presiden BJ Habibie, meninggal di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat, Klinikum, Muenchen, Jerman. Ia meninggal Sabtu (22/5) pukul 17.30 waktu setempat atau 22.30 WIB. Kepastian meninggalnya Hasri Ainun didapat Metro TV dari Ali Mochtar Ngabalin,...
  • Pelajari Gairah Seksualitas Pria, Berdasarkan Usia ?

    Soal gairah untuk ngeseks, umur bukanlah menjadi penghalang. Tua dan muda punya nafsu birahi untuk melakukan ML. Bagi seorang pria, ML rutin adalah bagian dari kesehatan. Hanya saja intensitas antara satu dengan lain berbeda. Ingin tahu gairah seksualitas pria berdasarkan golongan usia? Supaya tidak...