Info Cpns Di Siak


Sejumlah 18 jenis tanaman obat di Indonesia berpotensi menurunkan kesuburan atau antifertilitas pria. Dengan pengujian lebih lanjut, tanaman obat itu bisa menjadi alternatif alat kontrasepsi pria.

Kepala Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T), dr Azwar Agoes, mengemukakan hal itu dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Andrologi dan Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia, Sabtu (22/4).

Ke-18 jenis tanaman obat tersebut, di antaranya bunga kembang sepatu (Hibiscus Rosa-sinensis L), pare (Momordica charantia), biji papaya (Carica papaya), kunyit (Curcuma domestica), dan biji oyong (Luffa acutangula Roxb.)

Selain itu, daun manggis (Garcinia mengostana), tapak dara (Catharantus roseus), biji kapas (Gossypium hirtusum), cantel (Andropogon sorghum), sitawar (Costus speciosus), dan gandarusa (Justicia gandarussa).
Uji coba pada tikus dan kelinci jantan oleh sejumlah peneliti di Indonesia, membuktikan bahwa 18 jenis tanaman itu berkhasiat menurunkan kesuburan.

Menurut mantan dosen Fakultas Kedokteran Unsri itu, ke-18 tanaman itu menghambat pertumbuhan spermatozoa (spermatogenesis), menggagalkan pematangan sperma, menghambat transportasi sperma melalui degenerasi saluran sperma, dan menghalangi penyimpanan spermatozoa. Ekstrak tanaman pare,, mengandung senyawa sitotoksik seperti saponin triterpen dan cucurbitacin, yang dapat menurunkan kualitas dan jumlah sel sperma pada tikus jantan. Tapak dara punya efek menghambat proses pematangan sperma.

  • Community Shield Indonesia 2010 : Arema Vs Sriwijaya FC

    Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, mempertemukan juara Superliga Indonesia (Arema Indonesia) dengan juara Piala Indonesia (Sriwijaya FC). Apabila kedua tim bermain imbang usai 2×45 menit, pemenangnya akan langsung ditentukan melalui adu penalti tanpa dua babak perpanjangan...
  • Lowongan Kerja CPNS 2013 Kementerian Pertahanan (KEMHAN) Terbaru Tingkat D3, S1 dan S2

    Kementerian Pertahanan RI merupakan lembaga pemerintahan yang tugasnya membantu Presiden dalam upaya menjaga pertahanan Negara. Kemhan diketuai oleh Sekretariat Jenderal atau Menteri yang menjabat saat ini bernama Purnomo Yusgiantoro. Dalam upaya bela negara dibidang pertahanan memang dibutuhkan strategi...