Jadwal Plpg 2014


Bila selama ini waktu kita banyak dihabiskan untuk mengkhawatirkan penyakit dan gejalanya, mungkin kini saatnya kita mencari tahu tanda-tanda tubuh yang sehat, khususnya pada pria.

1. Warna kuku merah muda
Meski hanya seujung jari, nyatanya warna kuku bisa menjadi indikator kesehatan yang paling mudah dilihat. Secara umum, orang yang sehat memiliki warna kuku merah muda (pink), kuat, dan lembut. Oleh karena itu, tak ada salahnya waspada bila Anda menjumpai perubahan pada warna kuku.

Kuku yang berwarna kekuningan dan pertumbuhannya lambat bisa menjadi indikasi adanya penyakit pernapasan. Sementara itu, kuku yang berlekuk perlu dicurigai adanya diabetes. Kekurangan zat gizi tertentu, seperti zat besi, juga bisa menyebabkan perubahan pada warna kuku.

2. Warna urine kuning muda
Pada umumnya warna urine yang normal sangat bervariasi, tergantung pada banyaknya jumlah air yang kita minum. Bila Anda minum cukup banyak, warna urine biasanya lebih bening. Sebaliknya bila kita dehidrasi, warna urine akan menjadi lebih gelap.

Selain warna, perhatikan juga perubahan mencolok dari urine. Misalnya, bau yang menyengat atau perubahan warna menjadi kemerahan. Konsultasikan dengan dokter bila Anda mencurigai adanya kelainan.

3. Menghasilkan sekitar satu sendok teh cairan mani
Seorang pria dewasa sehat mampu menghasilkan cairan mani sekitar 2-5 ml semen saat ejakulasi. Seiring bertambahnya umur, produksi semen memang berkurang. Namun, bila semen yang dihasilkan kurang dari 2 ml, hal ini bisa menjadi tanda hyperspermia yang bisa memengaruhi kesuburan pria.

Selain volumenya, warna cairan mani juga menjadi tanda kesehatan. Pria yang sehat memiliki warna cairan mani putih atau keabu-abuan dan lengket. Cairan mani yang disertai darah atau terlalu cair perlu diwaspadai dan dikonsultasikan pada dokter.

4. Denyut jantung 70 bpm
Denyut jantung saat beristirahat (resting heart rate /RHR) adalah indikator yang baik untuk kadar fitness seseorang. Meski RHR sangat bervariasi tergantung pada usia, namun pada pria dewasa sehat, angka yang normal sekitar 70-75 bpm (beat per minute). Untuk mengukurnya, letakkan dua jari tangan di urat nadi pergelangan tangan. Lalu hitunglah sambil melihat jam selama 15 detik. Kalikan angka ini untuk mendapatkan nilai per menitnya.

5. Kulit elastis
Elastisitas kulit biasanya dipakai sebagai acuan untuk menilai kadar dehidrasi seseorang. Kulit yang sehat bersifat elastis dan kembali normal bila dicubit. Sebaliknya, kulit yang dehidrasi akan kembali ke posisi normal dengan lambat setelah dicubit.

  • Lowongan Kerja Terbaru Bank Syariah Mandiri Juli 2013

    Lowongan Kerja Terbaru Bank Syariah Mandiri Juli 2013 – Bank Syariah Mandiri atau sering disebut BSM merupakan sebuah perbankan di Indonesia yang telah berstatus milik negara (BUMN). Perusahaan dalam kegiatan usahanya hampir sama dengan Bank konvensional hanya saja dalam masalah bunga disini...
  • Ini Dia Profil Aliya Rajasa Anak Hatta Rajasa

    Nama Aliya Rajasa beberapa bulan terakhir ini mulai banyak diperbincangkan. Bukan tanpa sebab. Putri sulung dari pasangan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa-Oktiniwati Ulfa Dariah Rajasa, ternyata mampu mencuri perhatian Edhie Baskoro, putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.Awalnya kabar kedekatan...