Kapan Pengumuman Cpns 2014 Dinas Kebersihan Dki Jakarta


Pertanyaan

Bagaimana menghitung nishab zakat penghasilan dan zakat profesi ? dan apa perbedaan dari kedua zakat tersebut?

Jawaban

Zakat penghasilan atau zakat profesi sesungguhnya dua istilah yang merujuk pada hal yang sama Yaitu, kewajiban zakat atas harta/penghasilan yang didapat dari hasil profesi tertentu, seperti dokter, konsultan, dan lain-lain.

Adapun penentuan nishab dan kadar zakat profesi/penghasilan, maka ada tiga pendekatan analogi yang disepakati oleh jumhur ulama. Pertama, diqiyaskan dengan zakat perdagangan dan emas perak.

Nishabnya adalah senilai 85 gram emas, dan ada haul 1 tahun. Sehingga, waktu mengeluarkannya adalah setahun sekali. Adapun kadarnya adalah 2,5 persen. Kedua, diqiyaskan dengan zakat pertanian.

Artinya, saat bekerja dianalogikan dengan saat menanam. Saat menerima gaji ibarat saat panen. Nishabnya senilai 524 kg beras dan tidak ada haul, sehingga mengeluarkan zakat adalah pada saat menerima penghasilan/gaji.

Kadarnya 5 persen. Ketiga, menggunakan metode qiyas syabah, yaitu menganalogikan dengan dua hal sekaligus.

Dari sisi nishab, dianalogikan dengan zakat pertanian, yaitu sebesar 524 kg beras. Sedangkan dari sisi kadar, dianalogikan dengan zakat emas perak, yaitu sebesar 2,5 persen. BAZNAS menggunakan pendekatan analogi/qiyas yang ketiga.

  • Hasil Drawing Liga Champions 2010-2011

    Hasil drawing lengkap atau undian pembagian grup penyisihan Liga Champions 2010/2011 (UEFA Champions League). Jadwal drawing Liga Champions 2010-2011 tersebut dilaksanakan jumat dini hari (27/08) di Monaco, Perancis. Undian babak penyisihan grup Liga Champions di Monaco, Kamis (26/8/2010) memunculkan...
  • Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H : Inilah Manfaat dari Saling Memaafkan !

    MEMAAFKAN memang perbuatan mulia. Tapi, sering kali lebih mudah mengatakan daripada melakukannya. Ketika seseorang menyakiti Anda, sangat sulit menahan diri untuk tidak merasa dendam dan benci. Tapi, di hari nan fitri ini, mari sucikan hati dan belajar saling memaafkan. Yang mengejutkan, memaafkan ternyata...