Kumpulan Teks Anekdot Tentang Layanan Sekolah



Acer telah meluncurkan seri Aspire papan atasnya. Bagi penggemar laptop multimedia, gamer, atau grafis ada baiknya menjajal laptop ini. Selain berotak cepat, grafisnya juga hebat.

Berat adalah kata pertama yang terucap saat mengeluarkan laptop ini. Dengan bobot sekitar 3 kg, laptop ini bakal terasa membebani punggung saat dipanggul dengan tas.

Jika diperhatikan dari sisi desain, laptop ini memang sangat spesial. Laptop ini memiliki kombinasi lampu LED warna biru dan cover hitam dengan tulisan Acer menyala terang. Hal itu seolah menegaskan bahwa ini adalah laptop papan atas.

Tak hanya itu, pada body laptop ini juga tertempel logo ATI Mobility Radeon 5650. Dengan memori grafis sebesar 1GB, produk ini termasuk grafis papan atas yang ada saat ini. Terlebih bagi sebuah laptop kelas consumer. Nampaknya Acer tak mau main-main dalam mengusung spesifikasi produk terbarunya tersebut. Apalagi dengan otak Intel Core i7 yang tertanam di dalamnya.



Desain: Tampil Futuristik, Dengan Keyboard ‘Menyala’

Dari sisi desain, secara umum Aspire 5942G nampak sangat futuristik dengan lampu led di bawah keyboard yang terus menyala. Layaknya lampu kota dalam gelapnya malam, warna hitam yang ada di seluruh body laptop ini kian membuatnya elegan.

Untuk display, laptop berat ini sudah menggunakan LED dengan lapisan pelindung. Alhasil selain terproteksi dengan baik, layar laptop ini juga nampak lebih sejuk. Pada bagian atas display, Acer membekali webcam crystal eye khas Acer untuk chatting, beresolusi HD (720p).

Seperti seri Aspire yang lain, di bagian bawah keyboard terdapat stiker spesifikasi khas Acer, yang menunjukan bahwa laptop ini memang ‘mahal’. Kemudian untuk touchpad, nampaknya tak ada yang terlalu spesial. Acer telah membenamkan fitur multi gesture, seperti produk sejenis lainnya.

Saat ini, yang menyita perhatian dalam hal desain adalah shortcut yang terletak di sisi kanan dan kiri keyboard. Seolah ingin membuktikan ini adalah laptop multimedia, Acer memasang media control pada panel volume yang dapat diputar pada sisi kanan.

Dengan sekali sentuhan, Acer sudah membawa pada portal bernama Acer Arcade Deluxe. Layaknya Windows Media Center, portal ini menjadi media untuk mendengarkan musik, browsing, membuka album foto, ataupun menonton DVD. Sangat praktis.

Sementara itu, di bagian kiri keyboard terdapat tiga buah shortcut yakni: Wi-Fi, Bluetooth, dan Acer Backup Manager. Layaknya fitur pada Lenovo bernama ThinkVantage, Shortcut ini berfungsi ‘mengamankan’ data-data pribadi pengguna.

Performa: Game Mantap, Multimedia Mantap, Grafis Mantap

Acer Aspire 5942G adalah laptop multimedia yang merata bagi semua kebutuhan grafis tinggi. Dari game, film full HD, hingga rendering video, laptop ini dapat dengan mulus melewati tes yang diberikan.

Untuk urusan film HD, laptop ini dapat menjalankannya film Transformer II full HD, dengan mulus dan lancar. Namun, untuk urusan audio, suara yang keluar dari speaker terasa sangat ‘cempreng’.

Satu hal yang amat disayangkan, laptop ini ternyata memiliki resolusi maksimal hanya 1366 x 768 alias belum full HD. Sedikit tanggung memang, mengingat dukungan hardwarenya cukup mumpuni.

Untuk masalah grafis, mencobanya dengan sebuah project gabungan dengan software Adobe Photoshop, After Effect serta Premiere Pro. Nampaknya Aspire 5942G ini bakal menjadi pilihan alternatif para desainer grafis serta animator yang setia pada brand Acer Aspire. Hasilnya tak mengecewakan.

Menjajalnya dengan mempreview sebuah project pada After Effect berisi plugin dari Trapcode dan Boris yang dirasa cukup berat. Hasilnya, laptop ini dapat mempreview tampilan maksimal dengan baik, sebelum merendernya. begitu juga untuk pengerjaan Photoshop maupun Premiere Pro.

Walau secara desain bukan berjenis gaming laptop, namun Aspire 5942G terbukti dapat menjalankan game standar PC saat ini. Dari uji yang dilakukan detikINET, laptop ini sanggup menjalankan game Mass Effect 2 dengan settingan maksimal plus semua efek menyala. Begitu juga saat memainkan Dragon Age origin, Modern Warfare 2, dan Batman Arkham Arsylum.

Bagian body laptop ini pun tak terasa overheat saat dijejali tes-tes tersebut selama sekitar 3 jam . Hanya saja, pada bagian kiri sedikit terasa hangat. Namun untuk bagian kanan, sepertinya tak terlalu panas. Secara umum Aspire 5942G memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

Untuk masalah ketahanan baterai, laptop ini sanggup bertahan hampir 2 jam, saat digunakan untuk menonton film full HD. Standar lah, untuk ukuran laptop multimedia dengan spek tinggi.


Kesimpulan:

Boleh dibilang Acer Aspire 5942G adalah sebuah laptop dengan grafis hebat berbonus otak kuat. Dengan prosesor Intel Core i7 dan grafis ATI Mobility Radeon 5650 (1GB), laptop ini bakal cocok digunakan bagi para desain grafis, video editor atau animator ringan.

Walau bukan laptop game, produk ini juga sudah cukup baik untuk memainkan game PC standar yang ada saat ini. Dengan kisaran harga Rp. 14 juta, laptop multimedia ini cocok dimiliki karakter pengguna di atas. Apalagi jika mereka pengguna fanatik Acer Aspire terdahulu, bagi kebutuhan kerja.

Kelebihan:
+ Desain yang futuristik
+ Panel multimedia yang keren

Kekurangan:
- Display belum full HD
- Suara cempreng

Spesifikasi Umum:
- CPU: Intel Core i7 (1,60 Ghz)
- OS: Windows 7 Home Premium (64-bit)
- GPU: ATI Mobility Radeon HD 5650 (1GB)
- Display: 15,6 inchi (1366×768)
- Memori RAM: 4GB
- Baterai: 6-cell
- Berat: 3 kg
- I/O: 3 USB, 5-in-1 card reader, VGA, HDMI, e-SATA, jack audio, LAN
- Storage: 640GB
- Harga: Rp 14 juta

Hasil Benchmark (PC Mark Vantage): 5761
- Memories Suite : 4080
- TV and movies suite: 4189
- Gaming Suite: 5773
- Music Suite: 5368
- Communication Suite: 4677
- Productivity Suite: 4875
- HDD test suite: 3146

Hasil Bencmark (3DMarks): 7632
SM2.0 : 2726
HDR/SM3.0 : 3355.

  • Indonesia: Curriculum Development Specialist/ Workforce Development Manager

    Organization: Education Development CenterCountry: IndonesiaClosing date: 31 Oct 2013 Education Development Center, Inc. (EDC) seeks one Jakarta-based Curriculum Development Specialist/Workforce Development Manager to serve as a full-time technical team member for the anticipated JPMorgan Chase Foundation-funded,...
  • Ini Dia Rute Aksi Buruh Peringati May Day Hari Ini

    Sekitar 150 ribu buruh akan menggelar demonstrasi memperingati May Day hari ini. Para buruh akan berkumpul di Bundaran HI pada Pukul 10.00 WIB, dan melakukan long march hingga Istana Merdeka. Presiden Majelis Presidium Buruh Indonesia (MPBI) Said Iqbal, Selasa (30/4/2013), menyatakan aksi unjuk rasa...