Lapor Tunjangan Dikdas 2014


Spanyol akhirnya sukses menjejakkan kakinya di partai final Piala Eropa 2012 setelah mampu menundukan Portugal lewat drama adu penalti dengan skor 4-2. Babak tos-tosan itu harus dilakoni setelah kedua tim bermain sama kuat 0-0 hingga babak extra time.

Dari lima algojo La Roja yakni Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergio Ramos serta Cesc Fabregas berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya Xabi Alonso gagal mengeksekusi penalti tersebut.

Sementara eksekutor A Seleccao yakni Pepe dan Nani berhasil memperdayai Casillas, sedangkan sepakan 12 pas Joao Moutinho dan Bruno Alves berhasil diredam oleh kiper Real Madrid tersebut.

Dengan torehan manis ini, Spanyol berpeluang untuk mempertahankan titel juara yang direngkuh pada Euro 2008 lalu. Di laga puncak pasukan Vicente Del Bosque itu akan menghadapi pemenang antara Jerman kontra Italia.

Laga semifinal yang berlangsung di Donbass Arena, Kamis (28/6/2012) dinihari WIB, berlangsung dalam tempo cepat sejak bola digulirkan. Jual beli serangan saling diperagakan oleh kedua tim asal semenanjung Iberia ini.

Pada menit ke-9 Alvaro Arbeloa memiliki peluang bagus untuk bisa membawa Spanyol unggul. Sayang, sepakannya dari dalam kotak penalti yang memanfaatkan umpan silang dari Iniesta masih melambung di atas mistar gawang.

Di pertengahan babak pertama laga berjalan semakin menarik. Portugal yang mengandalkan Cristiano Ronaldo, Nani, Raul Meireles, serta Joao Moutinho di lini tengah mampu mengimbangi permainan tiki-taka skuad Matador yang digalang oleh Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Xabi Alonso serta David Silva.

Pada menit ke-24 giliran Ronaldo yang mengancam gawang Spanyol yang dikawal oleh Iker Casillas. Sial, sepakan CR7 dari luar kotak penalti masih belum tepat menemui sasaran.

Iniesta!! Ohh sayang sekali sepakan melengkung playmaker Barcelona itu dari dalam kotak penalti pada menit ke-29 masih melayang tipis di atas gawang.

Dua menit berselang balik Ronaldo yang memiliki kesempatan emas untuk bisa mengukir namanya di papan skor sekaligus membawa A Seleccao memimpin. Tapi lagi-lagi, sepakan menyusur tanah mega bintang Real Madrid itu masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Casillas.

Hingga turun minum skor 0-0 yang tercantum di papan skor tetap tak berubah.

Di interval kedua, Portugal dan Spanyol tetap menerapkan strategi menyerang. Peluang pertama didapatkan oleh A Seleccao das Quinas pada menit ke-58 saat Hugo Almeida melepaskan tembakan ke arah gawang. Sayang, usaha tersebut gagal membuahkan hasil setelah sepakannya masih melayang di atas gawang.

Xavi! Punggawa Barcelona itu mencoba peruntungannya di menit ke-65. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih tepat jatuh di pelukan Rui Patricio.

Pada menit ke-72 Ronaldo kembali memiliki kesempatan emas untuk bisa mengukir namanya di papan skor, sekaligus membawa Portugal memimpin. Sayang, sepakan bebas pemain termahal di dunia itu masih melayang tipis di atas gawang Casillas.

Di laga ini La Furia Roja tampak kesulitan mengembangkan permainan tiki-taka yang kerap digunakan. Strategi serangan balik yang diperagakan oleh punggawa Portugal justru membuat lini pertahan Spanyol kelabakan.

Satu menit jelang babak kedua usai, Ronaldo lagi-lagi memiliki peluang untuk bisa mencetak gol. Berawal dari serangan balik cepat, CR7 yang menerima umpan matang dari rekannya berdiri dalam posisi bebas. Tapi, karena kurang tenang sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti justru melambung jauh dari sasaran.

Hingga paruh kedua usai tak ada gol yang tercipta. Dan laga pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Di masa perpanjang waktu Spanyol langsung tampil menekan. Sayang peluang yang didapatkan oleh Pedro di menit ke-97 dan Jesus Navas di menit ke-102 masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-103 giliran Iniesta yang memperoleh peluang untuk membawa La Roja unggul. Berawal dari umpan silang Alba di sisi kiri, Inesta yang telah menanti di kotak penalti berhasil menyontek bola. Namun, usaha tersebut masih dapat digagalkan oleh Patricio.

Di perpanjangan waktu kedua, Spanyol masih mendominasi. Pada menit ke-112 Navas nyaris membobol gawang Portugal. Sial, sepakannya masih dapat ditepis oleh Patricio. Selain itu, bola liar masih dapat diamankan oleh Pepe dan kembali menyerahkannya ke kiper.

Sampai perpanjangan waktu usai, skor kacamata tetap tak berubah. Penentu pemenang pun harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Di babak tos-tosan lima algojo La Roja yakni Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergio Ramos serta Cesc Fabregas berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya Xabi Alonso gagal mengeksekusi penalti tersebut.

Sementara eksekutor A Seleccao yakni Pepe dan Nani berhasil memperdayai Casillas, sedangkan sepakan 12 pas Joao Moutinho dan Bruno Alves berhasil diredam oleh kiper Real Madrid tersebut.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Portugal:
Rui Patricio, Pereira, Pepe, Bruno Alves, Coentrao, Veloso (Custodio 106′), Meireles (Silvestre Varela 113′), Moutinho, Nani, Cristiano Ronaldo, Almeida (Nelson Oliveira 81′)

Spanyol:
Casillas, Arbeloa, Ramos, Pique, Jordi Alba, Busquets, Xabi Alonso, Xavi (Pedro 87′), Iniesta, Silva (Jesus Navas 60′), Negredo (Cesc Fabregas 54′).

  • Jadwal Liga Champions 2010 : Jelang Ajax Vs Ac Milan

    Menghadapi Ajax Amsterdam akan menjadi laga emosional buat Zlatan Ibrahimovic dan Clarence Seedorf mengingat keduanya merupakan jebolan klub tersebut. Namun demi prestise dan kejayaan di Eropa, keduanya menjanjikan tiga poin buat AC Milan. Ibra tercatat membela Ajax dalam selang 2001 hingga 2004, di...
  • Inilah Lima Dakwaan Alternatif Terhadap Susno, Terancam 20 Tahun Penjara !

    Mantan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Susno dijerat 9 pasal dalam dua perkara, yakni perkara suap terkait PT Salmah Arowana Lestari (SAL) dan perkara korupsi pengamanan Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Dalam sidang yang digelar di...