Lowongan Kerja Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya 2013


ANDA sedang cemas dengan berbagai pertanyaan yang membingungkan saat menanti kehadiran anak pertama? Banyak orang akan memberi nasihat sesuai dengan apa yang pernah mereka alami, seperti masalah makanan, minum hingga berhubungan intim. Untuk membantu Anda, berikut tujuh hal yang perlu Anda lakukan dan yang perlu dihindari, menurut pakar kesehatan.

1. Makanan

Bijaksana dalam memilih makanan perlu dilakukan saat hamil maupun tidak. Akan tetapi menurut ginekolog Celia Dominguez, MD. dari Atlanta , ada beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan saat Anda sedang hamil. Berikut beberapa diantaranya:

Hindari produk-produk susu yang belum melalui proses pasteurisasi (pembunuhan kuman-kuman). Kalau ingin mengonsumsi keju, pilihlah keju yang keras dibandingkan keju yang lebih lembut.

Pastikan makanan yang Anda konsumsi aman. Hindari makanan yang belum masak dan pastikan mencuci tangan dengan bersih sebelum makan.

Jangan diet saat hamil.“Fokuslah pada penerapan kebiasaan makan sehat,” terang Dominguez seperti dikutip situs Oprah. Selanjutnya, ajarkan kebiasaan sehat tersebut kepada bayi Anda.
2. Konsumsi ikan

Tentunya bisa. Tapi pilihlah ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon. Omega-3 yang terkandung dalam salmon bagus untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Akan tetapi, Anda perlu menghindari beberapa jenis ikan yang kandungan merkurinya tinggi. Merkuri tentunya tidak baik bagi perkembangan janin. Ikan yang mengandung merkuri tinggi termasuk hiu, swordfish, king mackerel dan tilefish.
3. Zat berbahaya; alkohol, kafein, dan tembakau
Menurut Centers for Disease Control (CDC), tidak diketahui jumlah alkohol yang aman dikonsumsi saat hamil. Akan tetapi, beberapa dokter menyebutkan kalau satu gelas anggur masih bisa ditolerir. Akan tetapi untuk memastikan keamanan, tegas Dominguez, ada baiknya tidak minum sama sekali.

CDC juga menyarankan pembatasan jumlah asupan kafein saat hamil. Sebaiknya, terang Dominguez, tidak minum lebih dari 3 cangkir kopi per hari. Jangan lupa. kafein juga terdapat pada teh, cokelat, dan beberapa jenis soda.

Bagaimana dengan tembakau? Tembakau sama sekali tidak bagus bagi bayi Anda. Merokok selama kehamilan bisa meningkatkan risiko memiliki bayi dengan berat badan rendah, keguguran, kematian bayi serta gangguan lainnya. Selain itu, ada baiknya juga menghindar dari asap rokok. Perokok pasif juga mendatangkan efek negatif bagi bayi.

4. Perawatan kecantikan

Menurut Dominguez, relatif aman untuk melakukan pewarnaan rambut di saat acara tertentu atau perawatan kuku selama kehamilan.”Tapi jangan berlebihan dan pastikan salon yang Anda kunjungi dilengkapi dengan ventilasi yang baik.”

Tapi, terang Dominguez, pastikan meminimalkan penggunaan pewarna yang kuat atau kosmetik dengan bau menyengat, khususnya pada trimester pertama kehamilan.

5. Posisi tidur terbaik

Tidurlah dengan posisi miring ke sisi kiri tubuh, khususnya pada trimester ketiga kehamilan.”Saat Anda berbalik ke sisi kiri, pembuluh darah akan sejajar dengan punggung sehingga aliran darah pada pembuluh darah utama lebih lancar,” tutur Dominguez.
6. Minta bantuan untuk membersihkan kandang hewan peliharaan

Jika mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, ada baiknya meminta bantuan seseorang untuk membersihkan kandangnya saat Anda sedang hamil. Kucing bisa membawa kuman yang bisa berpindah dan menginfeksi Anda saat membersihkan kandangnya. Kuman tersebut, menurut Dominguez, bisa mengganggu perkembangan janin.

7. Hubungan intim saat kehamilan

Menurut Dominguez, tentu bisa jika Anda menginginkannya.”Hal ini tidak akan menyakiti bayi Anda,” terang Dominguez. (MediaSehat)

  • Lowongan Kerja Bank Terbaru BRI Syariah

    Lowongan Kerja Bank Terbaru BRI Syariah – PT Bank BRI merupakan lembaga BUMN pemerintah yang bergerak dalam usaha penyalur kredit dan penghimpunan uang di masyarakat. BRI sebagai bank konvensional juga memiliki anak perusahaan yang bernama Bank BRI Syariah yang mana dalam kegiatan usahanya hampir...
  • Tips Bahenol Ala Dewi Perssik !

    Siapa yang tak kenal dengan Dewi Perssik (bukan Persik seperti selama ini kerap ditulis)? Pedangdut sekaligus artis layar lebar nan bahenol ini ternyata memiliki kiat khusus dalam menjaga kecantikan dan kebugaran tubuhnya. Ketika ditanya apa yang membuat dia terlihat cantik dan bugar dalam setiap penampilannya,...