Mobkas Toyota Hilux Dikalimantan


VIRUS HIV/AIDS sangat berbahaya karena mengancam jiwa manusia. Namun, virus itu kini bisa sedikit ramah dengan kita lantaran bisa terdengar alunan nada dari karakteristik DNA.

Alexandra Pajak, mahasiswa pascasarjana University of Georgia, menciptakan cara baru dalam melihat kerumitan HIV dengan menggabungkan struktur biologis penyakit tersebut dengan musik. Selama beberapa bulan, Pajak secara hati-hati mepelajari perbedaan tipe DNA yang membentuk virus AIDS dan mengaransemen ini ke dalam satuan musik untuk masing-masing unsur.

Hasilnya, Pajak mampu membuat 17 track lagu dalam album berdurasi 52 menit. Album ini dijuluki ‘Suara HIV’. “Saya ingin menunjukkan semua sifat yang terkandung di DNA HIV. Ini adalah cara baru bagi setiap orang untuk belajar memahami virus ini,” katanya.

Mahasiswa pascasarjana yang sempat mempelajari musik di Agnes Scott College ini mengatakan bahwa proyek tersebut membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikannya. Ia ingin menyusun terjemahan musik paling akurat dalam menggambarkan kode genetik HIV.

Menurut Pajak, dia pertama kali mendobrak nukleotida dasar di dalam DNA, secara singkat diberi nama ilmiah A, C, T dan G. Untungnya, hal ini dapat dimanfaatkan dalam menentukan skala musik.

Ada banyak logika yang terlibat, ujar Pajak. Ia juga membuat nada bagi 20 asam amino dan protein sebagai skala A-minor. “Ketika Anda mendengar musik ini maka Anda benar-benar mendengar seluruh genom yang terdapat di virus HIV. Ini sangat menyenangkan,” kata Pajak lagi.

Ia menulis dan menciptakan seluruhnya pertama kali di nada klasik keyboard. Selanjutnya, ia meminta band instrumental Sequence Ensemble untuk membuat musik akhir. Band ini memanfaatkan piano, fluet, klarinet dan beberapa alat musik lain.
@Tribunnews

  • Benarkah, Judika Akan Gantikan Once ?

    Vokalis jebolan lomba nyanyi layar kaca Indonesian Idol, Judika, kini memiliki kesibukan lain. Ia mengaku kini sedang menggarap proyek kerja sama dengan bos Republik Cinta Management, Ahmad Dhani. “Saya sedang mengerjakan album solo kedua saya, Bukan Dia Tapi Aku. Di samping itu aku juga memiliki...
  • Muslim Aid Indonesia Vacancy :Field Facilitator of Integrated Farming Project

    Muslim Aid is an international charity and development agency based in London with 26 years of experience in helping to create a safer and more dignified life for disaster and conflict affected people across the globe. We are currently operating in more than 70 countries with 13 field offices. Our ...