Nrg Sertifikasi Guru


Dugaan Kebocoran jawaban Ujian Nasional(UN) di Bandung makin menguat, setelah Tim Pemantau Independent UN menemukan adanya siswa yang cepat dalam mengerjakan soal matematika hari ini, Rabu (29/4/2009).

Para siswa bisa mengerjakan soal selama 45 menit tanpa coretan hitungan sedikit pun.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Ketua Tim Pemantau Independent UN Yayat Ahdiyat. Menurutnya, beberapa siswa yang mengikuti ujian hari ini, mengisi lembar jawaban dengan cepat. Dari dua jam waktu yang disediakan, siswa hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk menyelesaikannya.

“Anehnya lagi mereka mengisi jawaban tanpa perhitungan di kertas buram yang disediakan panitia,” kata Yayat dan menambahkan jika kejadian serupa sempat pula terjadi di hari kedua penyelenggaraan UN, Selasa (28/4/2009). Hari ini, mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika.

“Kalau kemarin mereka mengerjakan 30 menit saja untuk soal Bahasa Inggris,” kata Yayat.

Yayat meminta kepolisian untuk menelusuri dan menindak tegas pelaku yang membocorkan lembar jawaban kepada para siswa. “Polisi harus tindak tegas, karena ini terkait rahasia negara, dan kita hanya sebatas melaporkan hasil temuan di lapangan,” ujar Yayat.

Yayat pun menegaskan jika hasil temuan terbukti adanya kecurangan, maka siswa yang bersangkutan akan terancam gagal dalam mengikuti UN sekarang. “Sudah konsekuensinya dari siswa yang bersangkutan kalau terbukti melakukan kecurangan,” tegas Yayat.

  • Tragedi Sampang-Madura, Asmara dan Cermin Kerentanan

    Berita sampang-madura hari ini sungguh menyedihkan bagi bangsa Indonesia. Bentuk kekerasan masih menyelimuti bangsa ini, terutama masalah SARA. Budaya carok masih berurat akar di Madura, sebagaimana tercermin dari kerusuhan Sampang yang menelan korban jiwa. Tragedi Sampang adalah cermin keretakan dan...
  • Heboh, Ternyata Michael Jackson Homo?

    Sebuah buku berisi kehidupan Michael Jackson bakal dirilis akhir bulan ini. Isi buku tersebut mengejutkan, yakni tentang kehidupan seks King of Pop. Buku berjudul ‘Unmasked: The Final Years of Michael Jackson’ tersebut ditulis Ian Halperin. Isi buku menguak secara detail kehidupan seks King...