Pawarta Nganggo Basa Jawa


Seperti yang sudah diduga sebelumnya, gelar Ballon d’Or atau pemain terbaik dunia tahun 2012 menjadi milik Lionel Messi. Pemain Barcelona unggul dalam persentase voting yakni 41,60 persen suara, mengungguli Cristiano Ronaldo yang mendapatkan 23,68 persen suara dan Andres Iniesta yang mendapatkan 10,91 persen suara.

Dengan keberhasilannya itu, Messi menjadi pemain pertama yang sukses merengkuh penghargaan individu paling bergengsi itu empat kali secara beruntun. Dia sukses melampaui para legenda seperti Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco van Basten yang sama-sama tiga kali mengukuhkan diri di penghargaan serupa.

Di level klub, La Pulga memang gagal membawa Barcelona mempertahankan La Liga Spanyol musim 2011/12 dan tereliminasi di semi-final Liga Champions. Namun soal rekor di nomor individu, dia seolah tak tertandingi, lantaran selama setahun lalu pemain usia 25 ini memecahkan berbagai rekor, termasuk gol terbanyak dalam tahun kalender.

Pemain asal Argentina itu sukses mencetak 91 gol selama 2012 –79 untuk Barcelona dan 12 bersama Argentina– sekaligus memecahkan rekor Gerd Muller yang membukukan 85 gol dalam setahun kalender. Salah satu pencapaian gol terbaiknya adalah saat lima kali membobol gawang Bayer Leverkusen pada laga Liga Champions yang berkesudahan 7-1 untuk Blaugrana.

Selain itu, Si Kutu juga mencetak empat gol saat menghajar Valencia dan Espanyol di La Liga. Tak heran dengan pencapaian itu, pesaing berat Messi, Cristiano Ronaldo, kembali gigit jari meski sukses membawa Real Madrid menyabet gelar La Liga dan tampil cukup impresif di Euro 2012 dengan membawa Portugal ke semi-final.

Sementara, Andres Iniesta harus puas menjadi “penghias” podium meski meraih Copa del Rey sekaligus membawa Spanyol mempertahankan gelar Piala Eropa.

  • Kapolri Perintahkan Korlantas Kurangi Tilang

    Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo meminta Korps Lalu Lintas mengurangi penggunaan bukti pelanggaran (tilang). Perintah ini disampaikan langsung oleh Timur di hadapan kepala Korlantas dan jajaran direktur Korlantas dari seluruh Indonesia yang hadir dalam rapat kerja teknis di ruang Rupatama,...
  • Ini Dia Sepeda Unik Tanpa Pedal dan Sadel

    Sepeda unik dan kesannya aneh untuk bisa dibayangkan. Tetapi, begitu memang adanya yaitu sepeda tanpa pedal dan sadel. Bagaimana untuk menjalankan sepeda tersebut ?Apakah nyaman bersepeda tanpa sadel sepeda ? Inilah informasi terbaru mengenai sepeda unik dan aneh tersebut. Dua desainer produk asal Jerman,...