Pembukaan Taruna Akpol Ta 2014 2015


Marcello Lippi mengawasi latihan timnas Italia


Italia tak pernah bisa dikalahkan tim-tim Amerika Latin di laga pertama penyisihan grup Piala Dunia. Paraguay dihantui mimpi buruk.

Jadwal piala dunia 2010 hari ini, Italia vs Paraguay : Empat tahun lalu, Italia berangkat ke Piala Dunia 2006 Jerman dengan membawa sedikit harapan publiknya. Kini, menjelang laga perdana melawan Paraguay, publik Italia seolah telah mencoret negaranya daftar kandidat juara.

Di jalan-jalan Roma, Milan, dan Turin, publik sepakbola Italia lebih suka membicarakan klub masing-masing, ketimbang memperbincangkan peluang Azzurri mencapai final dan mempertahankan gelar yang diraih empat tahun lalu. Ekpektasi publik Italia jauh lebih rendah dibanding empat tahun lalu.


Mereka seolah lupa Italia secara tradisional slow starter. Ketika ekspektasi publik rendah, Azzurri seolah berlaga tanpa beban, dan bisa mengalahkan siapa saja.

Pelatih Marcello Lippi masih tetap percaya skuad yang dibawanya bisa mengulang sukses di Berlin empat tahun lalu. Sedangkan media tak berhenti mengeluhkan hasil buruk laga pemanasan, ketika Italia dikalahkan Meksiko dan ditahan Swiss. Rekor tak terkalahkan Italia sepanjang kualifikasi seolah tak berarti.

Kapten Fabio Cannavaro punya alasan untuk tetap optimistis. Menurutnya, Italia memiliki tradisi dan karakter. Di Piala Dunia, katanya, Italia bisa mengalahkan siapa saja meski dalam banyak laga sebelum turnamen sangat buruk.

Cannavaro yakin Lippi telah mempersiapkan segalanya dengan baik. Namun, laporan terakhir menyebutkan Lippi masih bereksperimen dalam latihan dan tak menemukan formasi yang pas untuk menghadapi Paraguay, menyusul cedera sejumlah pemain inti.

Andrea Pirlo dipastikan absen. Daniele De Rossi meragukan. Mauro Camoranesi belum bisa bermain. Antonio Di Natale dan Alberto Gilardino kemungkinan menjadi starter di lini depan.

Gilardino tak terlalu terganggu dengan semua kritik pers. Menurutnya, tidak ada tim di Piala Dunia yang benar-benar tahu apa yang bisa mereka lakukan untuk mencapai level tertinggi turnamen.

Paraguay relatif sedang dalam performa terbaik, tapi bukan tanpa masalah. Mereka kehilangan Salvador Cabanas dan striker produktif Oscar Cardozo, yang membuat Roque Santa Cruz kembali akan menjadi pemain kunci di lini depan.

Namun persoalan Paraguay sesungguhnya adalah hantu masa silam. Paraguay tujuh kali tampil di Piala Dunia, tapi tak pernah bisa mencapai babak kedua. Empat kali mereka gagal melewati laga pertama dengan kemenangan.

Paraguay baru dua kali bertemu Italia. Pertama di Brasil tahun 1950 dan kalah 2-0. Terakhir di Parma tahun 1998 dan kalah 3-1.

Italia relatif tidak punya mimpi buruk. Dari tiga pertemuan dengan tim-tim Amerika Latin di laga pertama penyisihan grup Piala Dunia, Azzurri tak terkalahkan. Mereka menang dan seri atas Cile di Piala Dunia 1966 dan 1998, dan mengalahkan Ekuador tahun 2002.

Gerardo Martino, pelatih Paraguay, mengingatkan timnya untuk tidak terganggu dengan rekor buruk masa lalu. Ia tidak membebani skuadnya dengan target menang, agar pemainnya bisa leluasa menyerang dan berupaya mencetak gol.

Sedangkan Santa Cruz yakin Paraguay bisa mengalahkan Italia dengan satu atau dua gol tanpa balas.

Teams

Italy (4-2-3-1): Buffon; Zambrotta, Bonucci, Cannavaro, Chiellini; De Rossi, Montolivo; Pepe, Marchisio, Iaquinta; Gilardino.

Paraguay (4-3-3): Villar; Veron, JC Caceres, Da Silva, A Torres; Vera, E Barreto, Riveros; Santa Cruz, Cardozo, Haedo Valdz.

Referee: Benito Archundia (Mexico)


Prediksi

Paraguay bukan tim buruk. Mereka memiliko potensi untuk mendepak Italia. Tapi Italia punya pengalaman, dan Marcelli Lippi adalah pelatih yang tahu jalan pikiran lawan-lawannya.

Kesempatan Italia memenangkan laga ini mencapai 43 persen. Paraguay 24 persen. Peluang kedua tim bermain imbang sebesar 33 persen.

  • Film Menculik Miyabi Tayang Perdana 6 Mei !

    Film yang sebelumnya sempat kontroversial, Menculik Miyabi rencananya akan dirilis Kamis 6 Mei mendatang. Rencananya bintang porno asal Jepang tersebut akan hadir di Jakarta. Namun, kehadiran Maria Ozawa di Jakarta tersebut tidak secara fisik melainkan secara teleconference. Oh dia nanti, kita teleconference...
  • Piala Dunia 2010 : Prakiraan Skuad Timnas Inggris 2010

    Pelatih tim nasional (timnas) Inggris, merilis nama 30 pemain yang masuk skuad sementara untuk persiapan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Di antara mereka terdapat pemain yang sebelumnya tak pernah bermain sejak Inggris ditangani Capello, yaitu bek Ledley King dan Jamie Carragher. Capello menangani Inggris...