Pendaftaran Brigadir 2014


Dalam buku-buku seperti “The French Diet: The Secrets of Why French Women Don’t Get Fat,” karangan Michel Montignac, serta sebuah penelitian yang masih berlanjut hingga kini, disebutkan kalau makanan yang sering dikonsumsi oleh bangsa Asia dan Mediterania memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Ingin tahu tips-tips makan seperti apa saja yang bisa kita curi dari negara-negara tersebut?

Tips Sehat #1: Makan banyak gandum, sayur dan buah-buahan.
Dilakukan di negara: Cina dan Yunani
Di sebagian negara, daging hanyalah pelengkap saja. Menu makan Cina tradisional misalnya, hanya terdiri dari sayuran, buah serta gandum. “Seperti halnya dengan yang masyarakat Yunani yang menganggap bahwa sayuran dan legumes (sejenis kacang-kacangan) sebagai makanan utama, bukan pelengkap”, ujar Antonia Trichopoulou, M.D., Ph.D., professor di University of Athens Medical School dan direktur Pusat Nutrisi WHO.

Menurut penelitian, tiga porsi atau lebih gandum dan sayuran serta buah setiap hari dapat mengurangi resiko serangan stroke, jantung dan beberapa jenis penyakit kanker.


Tips Sehat #2: Nikmati makan anda
Dilakukan di negara:
Italia, Perancis, Spanyol, Yunani, Jepang

“Ritual” makan di negara-negara tersebut bisa berlangsung selama berjam-jam. Bahkan di Yunani mereka “makan dengan perlahan, dalam waktu yang teratur setap hari dan dilakukan pada tempat/lokasi yang nyaman,” kata Trichopoulou.

Sementara itu bagi bangsa Perancis, Italia dan Spanyol, makan adalah saat berkumpul dengan keluarga dan teman. Ya, makan bisa mempererat hubungan. Saat makan dengan tenang dan bahagia, maka tubuh akan dapat memproses makanan dengan cepat.

Tips Sehat #3: Perhatikan porsi anda
Dilakukan di negara: France, Japan

Indonesia memiliki banyak sekali makanan yang lezat dan sehat. Yang kita perlukan hanyalah memperhatikan jumlah makanan yang kita konsumsi. Rata-rata orang Perancis makan 25% lebih sedikit daripada orang Amerika, begitulah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania. Di Jepang lebih teratur lagi, makanan biasa disajikan dalam ukuran kecil-kecil dan dimakan dari mangkuk kecil, bukan piring yang lebar. Masyarakat Okinawa malah mempunyai kebiasaan yang disebut hara hachi bu, atau 8 dari 10. Maksudnya, warga Okinawa akan berhenti makan apabila mereka merasakan perut mereka sudah terisi 80% sebelum benar-benar kenyang.

Tips Sehat #4: Konsumsilah berbagai makanan segar
Dilakukan di negara: Italia, Perancis, Yunani, Jepang, dan Indonesia.
Setiap wisatawan asing yang berkunjung ke pasar tradisional atau supermarket di Indonesia pasti akan kagum melihat banyaknya pilihan makanan segar hasil bumi Indonesia. Orang Sunda terkenal akan kesukaan mereka terhadap Lalapan atau makanan mentah lain seperti Karedok. Masyarakat Batak di pesisir Danau Toba juga mengkonsumsi ikan segar tanpa dimasak, sama seperti orang Jepang dengan Sashimi-nya.

Penelitian membuktikan kalau makanan segar menyediakan banyak serat, sedikit kalori, kolesterol baik, dan rendah garam serta gula. Itulah sebabnya tahun ini mulai mengglobal sebuah trend yang disebut Raw Food Revolution di negara-negara maju.

Tips Sehat #5: Spice up your plate
Dilakukan di negara: India, China, Thailand, Indonesia

Kehadiran rempah-rempah dalam sebuah masakan dapat melipatgandakan kelezatannya. Selain melezatkan, rempah-rempah juga dikenal rendah kalori dan bebas lemak. Beberapa jenis rempah-rempah seperti bawang putih, thyme, rosemary, kayu manis, cengkeh dan kunyit juga memiliki khasiat untuk melawan berbagai penyakit dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Lowongan Kerja Terbaru PT Suzuki Indomobil Motor (SIM)

    Lowongan Kerja Terbaru PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) – ATPM kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat bermerk Suzuki merupakan perusahaan berbentuk perseroan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM). Perusahaan kegiatan usahanya meliputi dari proses produksi sampai dengan proses pendistribusian...
  • Heboh, Beredar Video Mesum Pelajar SMA Bondowoso

    Sebuah tayangan adegan mesum yang diperankan oleh sepasang remaja mulai marak beredar di Bondowoso, beberapa hari terakhir. Diduga, tayangan berdurasi 7 menit 9 detik, diperankan oleh seorang siswa sebuah SMA favorit di kota setempat.Dalam adegan di video ponsel (telepon seluler), terlihat jelas dua...