Pendaftaran Pmdk Uns 2014


Para ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki mekanisme melebarnya leher ular kobra yang biasa ditunjukkan ular jenis ini untuk mempertahankan diri.

Dengan mengukur aktivitas listrik otot, para ahli menemukan kelompok otot yang dipakai oleh ular-ular kobra untuk menaikkan dan melebarkan leher.

“Tindakan defensif ini adalah salah satu teka-teki dalam biologi,” kata Kenneth Kardong, profesor Washington State University yang ikut dalam penelitian ini.

Ia menjelaskan untuk melebarkan leher ini, ular kobra mengerahkan tulang rusuk dan delapan otot leher. “Kami ingin tahu bagaimana ular kobra memanfaatkan tulang rusuk, sehingga kepala dan leher menjadi tipis dan lebar,” kata Kardong.

Untuk menjawab pertanyaan itu, para peneliti mengukur kegiatan listrik dari semua otot di bagian leher ular kobra. Pengukuran dilakukan dengan menanam beberapa elektroda mini ke otot leher ular kobra.

Bruce Young dari University of Massachusetts Lowell yang ambil bagian dalam penelitian ini mengatakan operasi cangkok elektroda ini adalah tahapan yang paling berbahaya. “Operasi ini dilakukan di bagian kepala, dan ular ini sewaktu-waktu bisa tersadar dari pembiusan,” kata Young.

Begitu operasi selesai, ular kobra tersebut dilepas dan semua kegiatan otot di bagian leher bisa dipantau.

Para ahli kemudian menemukan delapan otot yang dipakai kobra untuk menipiskan dan melebarkan leher.

Young mengatakan ular kobra bukan satu-satunya jenis ular yang menggunakan mekanisme seperti ini untuk mempertahankan diri.

  • Lowongan Kerja PT Bank Kesejahteraan Ekonomi sebagai Teller, Customer Service dan Auditor 2013

    PT Bank Kesejahteraan Ekonomi adalah sebuah lembaga keuangan konvensional yang khusus untuk pegawai negeri, koperasi dan masyarakat umum. Bank yang berdiri tahun 1992 ini pernah mendapatkan beberapa kali penghargaan dari dalam maupun luar negeri terkait kinerjanya yang baik, kompeten dan inovatif baik...
  • Save the Children opens position of Monev Officer Emergency Response Aceh (code: Monev-ER), Bener Meriah

    Save the Children will develop local capacity in Bener meriah and Aceh Tengah district to cover 4 sub district servoces to chlidren and their mothers. The program will strengthen and improve the quality of Health, Education and Livelihood and initiate new services i villages where they do not exist...