Pendaftaran Polisi 2014 Daerah Kendari


Pertanyaan

Bagaimana menghitung nishab zakat penghasilan dan zakat profesi ? dan apa perbedaan dari kedua zakat tersebut?

Jawaban

Zakat penghasilan atau zakat profesi sesungguhnya dua istilah yang merujuk pada hal yang sama Yaitu, kewajiban zakat atas harta/penghasilan yang didapat dari hasil profesi tertentu, seperti dokter, konsultan, dan lain-lain.

Adapun penentuan nishab dan kadar zakat profesi/penghasilan, maka ada tiga pendekatan analogi yang disepakati oleh jumhur ulama. Pertama, diqiyaskan dengan zakat perdagangan dan emas perak.

Nishabnya adalah senilai 85 gram emas, dan ada haul 1 tahun. Sehingga, waktu mengeluarkannya adalah setahun sekali. Adapun kadarnya adalah 2,5 persen. Kedua, diqiyaskan dengan zakat pertanian.

Artinya, saat bekerja dianalogikan dengan saat menanam. Saat menerima gaji ibarat saat panen. Nishabnya senilai 524 kg beras dan tidak ada haul, sehingga mengeluarkan zakat adalah pada saat menerima penghasilan/gaji.

Kadarnya 5 persen. Ketiga, menggunakan metode qiyas syabah, yaitu menganalogikan dengan dua hal sekaligus.

Dari sisi nishab, dianalogikan dengan zakat pertanian, yaitu sebesar 524 kg beras. Sedangkan dari sisi kadar, dianalogikan dengan zakat emas perak, yaitu sebesar 2,5 persen. BAZNAS menggunakan pendekatan analogi/qiyas yang ketiga.

  • Inilah 6 Skuad Timnas yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2010

    Keberhasilan Timnas Korsel menembus perdelapan final Berita piala dunia 2010, mengejutkan sekali penampilan timnas tuan rumah Afrika Selatan kandas ke babak 16 besar piala dunia 2010 meskipun menang tipis atas Perancis tadi malam. Hasil pertandingan lainnya yaitu, keberhasilan Korea Selatan menahan...
  • PT Astra Otoparts Tbk D3, S1 Fresh Graduated, Experienced Astra Group October 2013

    PT Astra Otoparts Tbk Astra Otoparts is a publicly listed top auto parts manufacturer in Indonesia with main business in producing and distributing automotive spare parts for both two wheelers and four wheelers. The Company is based in Jakarta and operates as a key subsidiary company of PT Astra International...