Penerimaan Cpns Basarnas 2013 Jambi


Akhirnya pemerintah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1433 H jatuh pada Sabtu, 21 Juli 2012. Hilal atau bulan tak terlihat di 38 lokasi di Indonesia.

“Sesuai laporan rukyatul di beberapa titik di Indonesia, telah berkesimpuilan bahwa hilal tidak bisa dilihat, oleh karenanya 1 Ramadan 1433 H jatuh hari Sabtu 21 Juli 2012,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali membacakan hasil sidang Isbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta (19/7).

Hilal terlalu rendah ketika matahari terbenam pada Kamis 19 Juli 2012, sehingga tidak akan bisa terlihat. Hilal kurang dari 1,5 derajat. Terlalu rendah untuk bisa diamati, cahayanya terlalu lemah. Sebab itu, bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Ramadan 1433 Hijriyah jatuh pada keesokan harinya, Sabtu, 21 Juli 2012.

Titik lokasi pemantauan antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sultengara, Sulut, Sultengah, NTT, Bali, NTB, Sulsel, Mamuju, Kaltengah, Kaltim, Kalbar, Kaltim, Kalsel, Jatim, DIY, Jateng, hingga Aceh.

Sejumlah tokoh Islam telah hadir di antaranya Ketua Komisi VIII DPR, Ida Fauziah, Perwakilan dari BMKG, perwakilan ormas Islam seperti Persis, HTI dan sebagainya, PBNU, dan lembaga Islam seperti MUI, Dewan Masjid Indonesia, Badan Hisab Rukyat, dan ICMI.

  • Hatta Ali Terpilih Jadi Ketua Mahkamah Agung Periode 2012-2017

    Hakim Agung Hatta Ali akhirnya terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) menggantikan Harifin Andi Tumpa. Hatta Ali memperoleh 28 suara, diikuti Ahmad Kamil 15 suara. Sedangkan Abdul Kadir Mappong memperoleh empat suara, Paulus L Tulung satu suara, M Saleh tiga suara, dan tiga suara tidak sah. Pemilihan...
  • Aniaya Istri Keempat, Ki Joko Bodo Jadi Tersangka

    Kepolisian Daerah Bali menetapkan paranormal Ki Joko Bodo sebagai tersangka dengan dugaan kekerasan dalam rumah tangga. Peristiwa kekerasan itu terjadi ketika ia bertengkar dengan istrinya, Ni Kadek Leli Mariati, di dalam mobil saat di Bali.Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat Polda Bali Ajun Komisaris...