Pengumuman Cpns Honorer K2 Aceh Barat Thn 2014


Apakah makanan yang sudah jatuh di lantai masih layak disantap?

Para peneliti dari Inggris menjawab pertanyaan tersebut. Makanan yang sudah telanjur jatuh di lantai masih bisa dan layak disantap bila belum lebih dari satu menit.

Seperti diwartakan ZeeNews, Jumat (4/5), gagasan bahwa makanan tidak terkontaminasi jika diambil dengan cepat telah diyakini selama bertahun-tahun. Tapi belum ada bukti luas bahwa hal ini terjadi. Manchester Metropolitan University (MMU) menguji lima makanan untuk melihat apakah aturan tiga detik bisa dipercaya.

Roti dengan selai, pasta, ham, biskuit dan buah kering semua jatuh di lantai dan dibiarkan selama interval tiga, lima dan 10 detik. Makanan tersebut dipilih karena mereka adalah makanan yang biasa dimakan dan semua memiliki tingkat aktivitas air yang berbeda. Sebuah faktor kunci dalam kandungan makanan itu akan mempertahankan pertumbuhan bakteri dalam tiga detik sebelum makanan dipungut dari lantai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan garam tinggi atau berkadar gula, seperti roti dengan selai, lebih aman untuk dimakan setelah dipungut. Hal itu karena kesempatan bakteri berbahaya yang masih hidup pada item tersebut berkurang. Makanan olahan menimbulkan risiko terendah. Umumnya makanan tersebut mengandung kadar tinggi gula dan garam.

“Roti dan selai tidak menunjukkan pertumbuhan bakteri setelah terjatuh di lantai. Hal itu dikaitkan dengan kandungan gula yang tinggi dari membuatnya tidak mungkin untuk mendukung pertumbuhan mikroba,” ungkap Kathy Lees, salah seorang peneliti.

Kedua ham, produk asin, dan roti manis dan selai bernasib juga masih dalam keadaan baik. Ketika diambil dari lantai dalam waktu tiga detik, bahan makanan itu menunjukkan sedikit tanda pertumbuhan bakteri.

Buah kering dan pasta, di sisi lain. Makanan itu menunjukkan tanda-tanda Klebsiella setelah tiga detik. Bakteri yang berpotensi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, septikemia, dan kondisi jaringan lunak ditemukan pada makanan yang sudah jatuh ke lantai.

  • Waspadalah, Enam Benda Terkotor dalam Kantor

    Keran di wastafel pantry dan meja kerja menjadi tempat terkotor di kantor. Hal itu berdasarkan penelitian dari Kimberly-Clark Professional. Mereka menawarkan program untuk membantu perusahaan agar karyawan mereka lebih sehat dan produktif. Para peneliti menyeka 4.800 permukaan di gedung perkantoran...
  • Pertimbangan Pertama Saat Mencari Pacar atau Jodoh !

    Ternyata ketampanan, karakter dan kecerdasan bukanlah penilaian awal ketika cari pasangan.Apa yang Anda pertimbangkan ketika mencari pasangan? Ketampanan, kepribadian atau mungkin kecerdasannya? Ternyata jawabannya tidak serumit itu. Pertimbangan baik pria dan wanita ketika memutuskan menyukai seseorang...