Pengumuman Kelulusan Sertifikasi Guru 2013 Sumatera Utara


Sejumlah 18 jenis tanaman obat di Indonesia berpotensi menurunkan kesuburan atau antifertilitas pria. Dengan pengujian lebih lanjut, tanaman obat itu bisa menjadi alternatif alat kontrasepsi pria.

Kepala Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T), dr Azwar Agoes, mengemukakan hal itu dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Andrologi dan Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia, Sabtu (22/4).

Ke-18 jenis tanaman obat tersebut, di antaranya bunga kembang sepatu (Hibiscus Rosa-sinensis L), pare (Momordica charantia), biji papaya (Carica papaya), kunyit (Curcuma domestica), dan biji oyong (Luffa acutangula Roxb.)

Selain itu, daun manggis (Garcinia mengostana), tapak dara (Catharantus roseus), biji kapas (Gossypium hirtusum), cantel (Andropogon sorghum), sitawar (Costus speciosus), dan gandarusa (Justicia gandarussa).
Uji coba pada tikus dan kelinci jantan oleh sejumlah peneliti di Indonesia, membuktikan bahwa 18 jenis tanaman itu berkhasiat menurunkan kesuburan.

Menurut mantan dosen Fakultas Kedokteran Unsri itu, ke-18 tanaman itu menghambat pertumbuhan spermatozoa (spermatogenesis), menggagalkan pematangan sperma, menghambat transportasi sperma melalui degenerasi saluran sperma, dan menghalangi penyimpanan spermatozoa. Ekstrak tanaman pare,, mengandung senyawa sitotoksik seperti saponin triterpen dan cucurbitacin, yang dapat menurunkan kualitas dan jumlah sel sperma pada tikus jantan. Tapak dara punya efek menghambat proses pematangan sperma.

  • Lowongan Kerja SMA Bank BRI (Persero)

    Lowongan Kerja SMA Bank BRI (Persero) – PT Bank BRI (Persero) Tbk sebagai Bank milik pemerintah dan sebagai tonggal awal mula adanya perbankan di Indonesia sampai saat ini masih menjadi Bank terkuat dari segi asetnya. Bank BRI (Persero) memiliki beberapa produk unggulan yang dapat bersaing baik...
  • Piala Dunia 2010 : Berita Grup G – Brazil, Pantai Gading, Portugal, Korut

    Berikut ini berita terakhir tim Grup G menjelang turnamen Piala Dunia yang dimulai di Afrika Selatan pada 11 Juni: BRAZIL Playmaker Kaka merayakan kembalinya ke lapangan setelah enam minggu cedera, ketika bangkit dari bangku cadangan pada menit ke-75 dan mencetak angka kemenangan Real Madrid pada...