Pidato Pendek Tentang Un


Honeymoon Plan

Setiap pasangan pasti ingin menikmati indahnya bulan madu. Rencanakan bulan madu Anda sebaik-baiknya untuk bisa menikmati tanpa perlu banyak pikiran. Berikut tips untuk merencanakan bulan madu yang hemat.

Perencanaan
Perlukah agen perjalanan?
Belakangan ini banyak situs internet yang memberikan kemudahan pemesanan reservasi hotel sehingga ide untuk menghubungi agen perjalanan terdengar percuma. Tetapi itu tidak untuk semuanya. Tim Leffel, penulis dari Make your Travel Dollars Worth a Fortune, mengamati bahwa agen perjalanan bisa menghemat uang bagi Anda yang tak memiliki tujuan wisata yang spesifik. Jika Anda belum pernah ke suatu tempat tujuan untuk berlibur, maka si agen perjalanan bisa membantu Anda untuk memutuskan tempat terbaik dan termurah. Jika Anda sudah tahu hotel dan tempat tujuan, Anda bisa melakukan reservasi melalui internet langsung. Namun bila Anda belum tahu harus menginap di hotel apa di tempat tujuan, gunakanlah jasa agen perjalanan untuk menghemat waktu, uang, dan tenaga.

Lokasi Tujuan
1. Setiap lokasi tujuan wisata memiliki musim ramai dan sepi. Saat musim ramai (high season), akan ada banyak pengunjung dan biasanya segalanya di-charge lebih mahal. Sementara di musim sepi (low season) harganya lebih murah, tapi terkadang cuacanya sedang tidak bagus. Sementara musim di antaranya (shoulder season), adalah waktu yang tepat untuk berlibur, agar harganya lebih masuk akal, karena berkurangnya permintaan. Misalnya kepulauan Karibia, shoulder season jatuh di antara pertengahan April hingga pertengahan Juni.

2. Karena harga dollar Amerika yang naik-turun, ada baiknya jika Anda merencanakan bulan madu di luar negeri yang nilai pertukarannya tidak jatuh. Leffel merekomendasikan negara Spanyol atau Meksiko. Atau jika memang tak mau repot di negara orang, berbulan madu di Bali atau Lombok seru juga.

3. Kelebihan paket berbulan madu yang ditawarkan agen perjalanan atau paket dari hotel adalah Anda tahu persis harganya, dan apa saja yang terdapat dalam paket tersebut. Cari tahu fasilitas yang ditawarkan dalam paket, dan perhitungkan pula biaya-biaya yang sekiranya akan dikeluarkan, misalnya makan siang atau makan malam. Perhitungkan pula oleh-oleh untuk sanak saudara, berapa banyak yang bisa Anda keluarkan untuk berapa orang?

Transportasi
1. Untuk menghindari kericuhan dan repotnya di bandara, pilih hari keberangkatan yang aman. Untuk perjalanan domestik, coba terbang di hari Minggu guna menghindari business travelers. Sementara untuk Anda yang akan bepergian ke luar negeri, coba pilih hari kerja (Senin-Jumat).

2. Jika Anda memesan hotel jauh-jauh hari, coba tanyakan apakah mereka bisa menyediakan mobil jemputan (beberapa hotel menyediakan transportasi cuma-cuma). Jika tak mengenal siapa pun dan hotel pun tak memberikan jemputan gratis, pilihlah taksi yang terpercaya yang sudah menyediakan tanda pengenal di mobil dan memiliki lisensi khusus. Hindari naik mobil dengan taksi gelap yang tiba-tiba menawarkan harga dan tumpangan mendadak.

3. Sesampai Anda di hotel, jika memang ada uang lebih, sewalah mobil untuk beberapa hari jika memang ada beberapa daerah tujuan. Meski nyaman dan lebih mudah, taksi bisa membobol kantong Anda. Untuk lebih hemat, Anda bisa memilih transportasi umum, seperti bus. Namun hati-hati, Anda mesti benar-benar tahu rutenya.

Hotel
1. Cari tahu tentang kamar hotel lewat situs hotel tersebut. Ukuran ruangan dan pemandangan yang bagus dari kamar tersebut bisa mempengaruhi harga kamar hotel tersebut. Anda bisa mendapat harga lebih murah dengan memesan ruangan yang pemandangannya biasa saja. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di pantai atau berjalan-jalan, Anda tak akan sering menikmati pemandangan dari ruangan Anda, namun penghematannya akan terasa.

2. Untuk lebih menghemat, cek secara detail paket bulan madu dari hotel. Jika paketnya memberikan Anda potongan harga, misalnya untuk tiga hari dua malam cukup dibayar dengan dua hari satu malam, tentu cukup menguntungkan. Namun, jika paketnya men-charge Anda untuk botol sampanye dan bunga-bungaan untuk harga yang mahal, lebih baik pilih kamar dengan harga normal.

3. Terkadang, namun tak selalu, dengan mengatakan bahwa Anda adalah pasangan yang baru menikah, hotel bisa memberikan bantuan-bantuan kecil, misalnya upgrade kamar secara complimentary. Jika mereka tidak memberikan pun, setidaknya Anda dan pasangan bisa berbagi cerita bahwa Anda menghabiskan hari-hari pertama sebagai pasangan suami-istri di hotel mereka.

Makanan
1. Makan di hotel memang bebas masalah, namun kenyamanan tersebut bisa datang dengan harga yang sudah dinaikkan. Sebelum mencari makan di luar hotel, Anda bisa bertanya kepada orang-orang sekitar di mana mencari tempat makan yang enak dan murah. Atau beli buku yang mengulas daerah tujuan yang bisa membimbing Anda mencari tempat makan enak dan terjangkau.

2. Jika ingin menciptakan kenangan tersendiri, pikniklah dengan pasangan Anda. Beli saja makanan siap saji, seperti sandwich dan isinya di swalayan, siapkan di hotel, lalu berangkat ke tempat tujuan dengan pasangan Anda. Anda akan banyak menghemat tanpa harus mengorbankan kenangan bulan madu.

  • Kronologis Penemuan Mayat Wartawan Sriwijaya Post

    Keluarga Arsep Pajaria, wartawan Sriwijaya Post (Sripo) yang ditemukan tewas tadi siang, curiga korban sudah tidak bisa dihubungi dalam tiga hari terakhir. Karena itu, keponakan korban, Mahardhiko, mendatangi rumah Arsep bersama ketua RT setempat.Mahardhiko terpaksa mendobrak pintu rumah korban agar...
  • Foto Pemakaman Model Cantik Olivia Dewi di San Diego Hills

    Suasana duka mengiringi pemakaman model remaja Olivia Dewi, 17 tahun, di San Diego Hills. Keluarga maupun teman-teman Olivia tak berhenti meneteskan air mata menangisi kepergian model jebolan Gadis Sampul 2010 itu. Begitu masuk ke dalam tenda biru yang telah dipersiapkan untuk para pelayat, suasana duka...