Syarat Pendaftaran Cpns 2013 Dideli Serdang


Awal mula memainkan rubik / magic cube, aku ragu bisa menyelesaikannya. Ternyata, penemunya, Erno Rubik pun pernah meragukan permainan yang diciptakannya ini bisa diselesaikan. Namun, mendengar berita bahwa kenalan atau orang lain bisa menyelesaikannya, bahkan tercatat juga pemegang rekor dunianya, memastikan permainan ini sungguh bisa diselesaikan.

Banyak teman senasib (belum bisa menyelesaikan rubik) yang berhasil menyusun satu warna di satu sisi. Belajar dari mereka, akhirnya mulai mengerti bagaimana membuat satu sisi rubik berwarna sama. Namun, setelah berhasil menyelesaikan rubik, ternyata langkah tersebut bukan langkah awal yang benar untuk menyelesaikan rubik. Ini disebabkan karena ketika membuat satu sisi rubik berwarna sama, sisi lain dalam lapis yang sama berbeda warna. Dengan kata lain, langkah awalnya bukan menyelesaikan satu sisi, melainkan satu lapis.

Pertama memegang rubik, aku melihatnya sebagai kubus dengan sisi berbeda warna, masing-masing sisi terdiri dari 9 kotak, sehingga jumlah seluruh kotak = 6 x 9 = 54 kotak. Sehingga, menyelesaikan rubik berarti menyusun 54 kotak tersebut ke masing-masing sisi rubik.

Penilaian tersebut tidak salah. Namun, melihat kenyataan bahwa rubik tersusun dari kubus-kubus kecil, ada penilain lain yang lebih ringkas ketika mencoba menyelesaikan rubik, yaitu bahwa rubik memiliki:

* 6 kubus pusat.
Masing-masing kubus ada di tengah setiap sisi, hanya memiliki satu warna yang menjadi acuan warna sisi dimana dia berada, dan tidak bisa digeser kemanapun. Kalaupun digeser, tidak akan merubah urutan warna sisi-sisi rubik.
* 12 kubus tepi.
Kubus ini terletak di samping kubus pusat dan memiliki dua warna.
* 8 kubus sudut.
Kubus ini terletak di masing-masing sudut rubik dan memiliki tiga warna.

Dari penilaian tersebut, yang harus dilakukan adalah menyusun 12 kubus tepi dan 8 kubus sudut dengan mengacu ke masing-masing kubus pusat.







Berikut adalah video tutorial dari cara menyelesaikan rubik cube 3×3 buat pemula Rubik:

Cara Menyelesaikan Rubik Cube 3×3 Part 1

Cara Menyelesaikan Rubik Cube 3×3 Part 2

Cara Menyelesaikan Rubik Cube 3×3 Part 3


  • Beberapa Pernak – Pernik Piala Dunia yang Perlu Anda Ketahui !

    Apa yang harus ketahui tentang Piala Dunia Soccer Style? Berikut ini rinciannya: 1. Pakain Dalam Bendera Negara World Cup:World Soccer Stars, pesepakbola kelas dunia yang bertaburan di ajang bergengsi Word Cup 2010 seperti pemain Portugal Cristiano Ronaldo, Ivory Coast Didier Drogba, Kamerun, Samuel...
  • PT Aerofood Indonesia S1, S2 Fresh Graduated Junior Officer Aerofood Garuda Group October 2013

    PT Aerofood Indonesia Aerofood ACS or Aerowisata Catering Services is a reputable airline catering services company in Indonesia. The Company is specialized in providing premium product and service, food and beverages with the highest quality for domestic and international flights. PT Aerofood Indonesia...