Web Penerimaan Polri 2014 2015


Remaja yang kecanduan pada internet atau aktivitas di dunia maya ternyata cenderung punya sifat menyakiti diri sendiri. Hal itu terungkap pada penelitian yang dilakukan para peneliti dari Australia dan Cina seperti diberitakan Reuters, Jumat (4/12).

Para peneliti mensurvei 1.618 remaja berumur 13 hingga 18 tahun di Provinsi Guangdong, Cina, mengenai perilaku seperti memukul diri sendiri, menarik-narik rambut, hingga membakar diri mereka sendiri. Peneliti kemudian memberi mereka tes untuk mengukur kecanduan internet.

Hasilnya, sekitar 10 persen dari murid-murid yang disurvei memiliki candu tingkat sedang. Sementara kurang dari satu persen kecanduan berat pada internet.

Dari skala satu sampai lima, para murid yang kecanduan sedang ternyata 2,4 kali menyakiti diri sendiri dalam enam bulan terakhir. Sementara murid yang kecanduan berat, menyakiti dirinya sendiri enam kali, bahkan lebih, dalam enam bulan terakhir. Atau lima kali lebih banyak dibanding murid nonadiktif.

Menurut Dr. Lawrence Lam dari Universitas Notre Dame, Australia, para peneliti mendapati fakta adanya hubungan yang “kuat dan signifikan” antara kecanduan internet dan menyakiti diri sendiri di kalangan remaja. Bahkan setelah mereka meneliti dari variabel lain seperti depresi, persoalan keluarga, atau masalah hidup lainnya.

Para ahli melihat, remaja yang kecanduan internet akan merasakan depresi, gelisah, dan kesal jika tidak online atau daring (dalam jaringan). Selain itu, berkhayal atau asyik memikirkan tentang online juga menjadi tanda-tanda candu internet.

“Dengan akses internet yang semakin mudah beberapa tahun belakangan, kecanduan internet berkembang menjadi masalah mental pada remaja,” demikian hasil penelitian Lam bersama rekan-rekannya dari Universitas Sun Yat-Sen, Guangzhou.

  • Ini Dia Sepenggal Kisah Hidup Kaum Homoseksual di Q! Film Festival

    Dari namanya, muatan film-film yang ditayangkan dalam Q! Film Festival 2010 sudah bisa ditebak. Sejak awal penyelenggaraan di tahun 2002, film yang dihadirkan dalam festival ini memang bertujuan mengangkat konflik-konflik kehidupan di kalangan Lesbian, Gay, Bisexual dan Transexual (LGBT) dari seluruh...
  • Pendaftaran CPNSD Kabupaten Jember Jawa Timur untuk D3, S1 Terbaru September 2013

    Kabupaten Jember merupakan wilayah yang berada di Provinsi Jawa Timur yang memiliki tingkat ekonomi dan budaya warisan bernilai tinggi. Masyarakat senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan adat setempat supaya tidak hilang atau punah karena perkembangan jaman. Masuknya peradaban modern seperti...