Www Kejutan Mkios Weebly Com


Pertanyaan

Bagaimana menghitung nishab zakat penghasilan dan zakat profesi ? dan apa perbedaan dari kedua zakat tersebut?

Jawaban

Zakat penghasilan atau zakat profesi sesungguhnya dua istilah yang merujuk pada hal yang sama Yaitu, kewajiban zakat atas harta/penghasilan yang didapat dari hasil profesi tertentu, seperti dokter, konsultan, dan lain-lain.

Adapun penentuan nishab dan kadar zakat profesi/penghasilan, maka ada tiga pendekatan analogi yang disepakati oleh jumhur ulama. Pertama, diqiyaskan dengan zakat perdagangan dan emas perak.

Nishabnya adalah senilai 85 gram emas, dan ada haul 1 tahun. Sehingga, waktu mengeluarkannya adalah setahun sekali. Adapun kadarnya adalah 2,5 persen. Kedua, diqiyaskan dengan zakat pertanian.

Artinya, saat bekerja dianalogikan dengan saat menanam. Saat menerima gaji ibarat saat panen. Nishabnya senilai 524 kg beras dan tidak ada haul, sehingga mengeluarkan zakat adalah pada saat menerima penghasilan/gaji.

Kadarnya 5 persen. Ketiga, menggunakan metode qiyas syabah, yaitu menganalogikan dengan dua hal sekaligus.

Dari sisi nishab, dianalogikan dengan zakat pertanian, yaitu sebesar 524 kg beras. Sedangkan dari sisi kadar, dianalogikan dengan zakat emas perak, yaitu sebesar 2,5 persen. BAZNAS menggunakan pendekatan analogi/qiyas yang ketiga.

  • Lowongan Kerja BUMN Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) di Jawa Barat Oktober, November 2013

    Jamsostek adalah perusahaan yang di keluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai salah satu upaya melindungi dan kepedulian terhadap tenaga kerja. Program yang berada langsung dibawah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) ini mulai tahun depan berencana akan berganti nama...
  • Akhirnya Cassano Resmi Milik Milan !

    AC Milan mengumumkan bahwa pihaknya secara resmi telah memboyong Antonio Cassano. Eks Sampdoria itu bergabung dengan status bebas transfer. “Milan menginformasikan bahwa proses transfer Cassano telah dilengkapi,” demikian keterangan yang disampaikan klub melalui situs resminya, Senin (3/1/2011)...