Www Tunkin Polri 2014 Com


AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR JUSTICE (AIPJ)
CALL FOR PROPOSAL
Pelaksana Lomba Pencarian dan Analisa Putusan Pengadilan


Pemerintah Australia, melalui AusAID, telah memberikan dukungan untuk sektor hukum dan keadilan di Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Pada tahun 2011, Kemitraan Australia Indonesia untuk Keadilan (AIPJ) dimulai sebagai program lima tahun AusAID yang baru.

Memasuki tahun ketiga implementasi program Kemitraan Australia Indonesia untuk Keadilan (AIPJ), AIPJ memfokuskan diri pada upaya untuk Mewujudkan Hak . Hak yang dimaksud, meliputi Hak atas identitas hukum (akta kelahiran, akta nikah, dan akta cerai), Hak atas proses peradilan yang adil, bersih, dan mudah diakses, dan Hak atas informasi (hukum).

Hingga saat ini hampir 600.000 putusan kasasi, banding, dan pertama sudah terpublikasi di Direktori Putusan MA (http://putusan.mahkamahagung.go.id). Jumlah yang akan terus bertambah seiring dengan pelembagaan pemanfaatan Direktori Putusan di MA. Keberhasilan publikasi putusan ini diiringi pula dengan tantangan bagi MA untuk mengelola pengetahuan dari data putusan yang kaya tersebut.
Ketika data putusan berhasil diolah menjadi pengetahuan, maka hakim di tingkat pertama, banding, dan kasasi dapat merujuk pada data putusan tersebut untuk mendapat inspirasi ketika menghadapi perkara sejenis. Apalagi jika data putusan tersebut telah secara rapi memilah mana putusan yang mempunyai kualitas (nilai) yurisprudensi dan mana yang tidak. Harapannya, bukan hanya berkontribusi bagi peningkatan kualitas, konsistensi putusan juga akan terdorong dari hal tersebut. Data putusan yang kaya dan telah tersedia tersebut juga bisa menjadi rujukan komunitas hukum dalam berdiskursus mengenai hukum dan berpraktek hukum.
Namun pengetahuan komunitas hukum mengenai Direktori Putusan dan data putusan masih minim. Lantaran pengetahuan terhadapnya minim, pemanfaatan data di dalamnya juga minim. Hal ini masih bisa dimengerti karena publikasi putusan pengadilan, mulai dari tingkat pertama hingga kasasi adalah inisiatif yang baru seumur jagung, terutama jika dibandingkan dengan memori kolektif bertahun-tahun sebelumnya, yang masih kuat dalam ingatan komunitas hukum di Indonesia, bahwa putusan pengadilan itu hanya bisa diakses secara terbatas.
Karena itu pengenalan mengenai keterbukaan putusan pengadilan melalui Direktori Putusan sekaligus pembudayaan rujukan terhadap putusan pengadilan dalam mengembangkan diskusi, diskursus, praktek, dan pembentukan hukum di Indonesia perlu mulai didorong di kalangan komunitas hukum Indonesia. Target yang paling potensial adalah jika pengenalan dan pembudayaan tersebut diawali di kalangan mahasiswa fakultas hukum/syariah, karena mereka merupakan elemen komunitas hukum yang masih dan paling haus akan referensi hukum (termasuk putusan pengadilan) dan nantinya akan menjadi hakim, akademisi, pengacara, atau yuris lainnya.
Atas berbagai pertimbangan di atas, Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) bermaksud mendukung MA untuk menyelenggarakan lomba analisa putusan pengadilan di kalangan mahasiswa hukum/syariah Indonesia. Fakultas Hukum atau Syariah yang tertarik dapat mengunduh dokumen call for proposal di www.aipj.or.id. Batas waktu memasukkan proposal adalah hari Senin, 28 Oktober 2013 jam 15.00 WIB.

Similar Jobs:

  • Tips Mengurangi Rasa Sakit Pada Bayi Prematur

    Musik tidak hanya berfungsi untuk menghibur tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi. Sejumlah penelitian telah membuktikan keampuhan musik sebagai relaksasi dalam mengatasi stress. Namun tidak hanya itu, sembilan hasil studi yang pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya sejak tahun 1989 dan 2006,...
  • Inilah Delapan Penjelasan Psikologis Timbulnya Sinyal Asmara

    LIRIKAN mata tidak cukup untuk menjelaskan bagaimana Anda dan seseorang lawan jenis punya daya tarik menarik. Jika lirikan mata turun ke hati, bagaimana cara mengetahui apakah perasaan tersebut tidak bertepuk sebelah tangan? Atau, pertanyaan klise yang sering diajukan banyak pasangan yang telah lama...